ADVERTISEMENT

GM Gantikan SoftBank Kucurkan Rp 50,5 T buat Mobil Tanpa Sopir

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Sabtu, 19 Mar 2022 18:30 WIB
General Motors
Ilustrasi/Foto: Reuters
Jakarta -

General Motors (GM) berinvestasi US$ 3,5 miliar atau setara dengan Rp 50,05 triliun (asumsi kurs Rp 14.300) untuk perusahaan yang mengembangkan mobil tanpa pengemudi atau self driving car.

Investor sebelumnya SoftBank memutuskan untuk menghentikan pendanaan tersebut. Hal ini menimbulkan tanda tanya besar di kalangan perusahaan dan pengamat.

Pada Jumat lalu GM menyetujui untuk menggelontorkan US$ 2,1 miliar untuk pembelian saham SoftBank Vision Fund di Cruise dan berinvestasi pada unit terpisah sebesar US$ 1,35 miliar.

Dengan investasi ini maka GM akan menguasai 80% saham Cruise. Sisanya saham dipegang oleh Microsoft, Walmart dan Honda Motor Co.

SoftBank sebelumnya berinvestasi pada Cruise pada 2018 sebesar US$ 900 juta. Kemudian berencana menambah investasi hingga US$ 1,35 miliar untuk kendaraan self driving tersebut.

Profesor Teknik Elektro dan Komputer di Carnegie Mellon Raj Rajkumar mengungkapkan jika GM dan mitra lainnya harus merogoh kocek lebih dalam untuk pendanaan proyek ini.

Dia menyebutkan SoftBank menemui masalah internal pada perusahaan sehingga mereka pergi dari proyek ini. CEO SoftBank Masayoshi Son mengungkapkan jika perusahaan akan menjual sebagian besar aset mereka.

Namun pihak SoftBak tidak memberikan komentar terkait hengkangnya mereka dari Cruise.

CEO GM Marry Barra mengungkapkan saat ini GM berupaya untuk menjalankan strategi pengembangan kendaraan self driving tersebut. Tahun lalu, GM mengumumkan Dan Ammann yang saat itu menjabat sebagai Kepala Eksekutif perusahaan meninggalkan jabatannya.

Salah seorang sumber menyebut Ammann dipecat, namun sumber lain mengatakan jika GM tak setuju membuat Cruise ke publik.

(kil/eds)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT