ADVERTISEMENT

Mau Jadi Pengusaha Paten? Coba Pelatihan Ini Deh!

Aldiansyah Nurrahman - detikFinance
Minggu, 20 Mar 2022 10:28 WIB
Cucu Suhayat (44) menyelesaikan pembuatan kerajinan suvenir di Bahbir Galeri, Jalan Terusan Bojongsoang Nomor 230, RT 01 RW 02, Desa Cipagalo, Kecamatan Bojongsoang, Kabupaten Bandung, Senin (16/9/2019). Perajin asal Garut ini mendirikan produksi kerajinan suvenir ini sejak 4 tahun lalu. Mengandalkan kayu jati, pinus, mahoni bekas mebel Cucu menyulapnya menjadi kerajinan bernilai ekonomis.
Foto: Rico Bagus

Lima tahapan dari program Patenpreneur ini adalah:

1. Open call atau penjaringan peserta: penjaringan wirausaha paten.

2. Penilaian (Assessment) wirausaha: proses seleksi dan penyaringan calon wirausaha paten dengan menggunakan instrumen assesment khusus untuk mengukur jiwa kewirausahaan calon peserta program.

3. Penyelenggaraan kegiatan inti: kegiatan konsultasi bisnis dan pendampingan usaha.

4. Evaluasi dan klasifikasi peserta: berdasarkan strategi keberlanjutan yang dibutuhkan untuk dapat terus berkembang.

5. Rekomendasi keberlanjutan: peserta selanjutnya akan disalurkan ke berbagai program lanjutan untuk memastikan adanya keberlanjutan program seperti terhubung dengan lembaga inkubator, akses pembiayaan, kolaborasi rantai pasok, akses pasar baik melalui internal Kemenkop UKM maupun Kementerian/Lembaga terkait serta program kewirausahaan dunia usaha, industri dan pendidikan.

"Dengan dukungan yang besar dari masyarakat dan berbagai pemangku kepentingan, kami percaya bahwa program Patenpreneur ini dapat melahirkan agent of change di antara generasi muda yang memiliki jiwa kewirausahaan tinggi, inovatif, memiliki keinginan untuk tumbuh secara berkelanjutan, dan mampu menciptakan lapangan kerja. Semoga program ini dapat bermanfaat bagi para wirausaha di Indonesia, dan mampu meningkatkan rasio kewirausahaan sehingga berdampak pada tumbuh berkembangnya perenonomian Indonesia," tandas Siti Azizah.



Simak Video "Jokowi: IKN Bukan Hanya untuk ASN"
[Gambas:Video 20detik]

(zlf/zlf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT