Berapa Bayaran Mak Rara Pawang Hujan Mandalika di MotoGP 2022?

ADVERTISEMENT

Berapa Bayaran Mak Rara Pawang Hujan Mandalika di MotoGP 2022?

Kholida Qothrunnada - detikFinance
Senin, 21 Mar 2022 06:00 WIB
Jakarta -

Sosok Rara Istiati Wulandari yang akrab dipanggil Mbak Rara tengah menjadi perbincangan publik dan para warganet, atas aksinya sebagai Pawang Hujan Mandalika yang diklaim mampu mengusir hujan saat pergelaran MotoGP 2022 di kawasan Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Hujan awalnya mengguyur Mandalika dan sekitar pukul 14.00 WITA tepat setelah race Moto3 selesai. Balapan MotoGP Mandalika yang semula dijadwalkan berlangsung pukul 15.00 WITA atau 14.00 WIB ditunda, karena hujan deras. Sehingga, Fabio Quartararo dan kawan-kawan akhirnya batu bisa beraksi di lintasan pada 15.15 WIB.

Aksi Pawang Hujan Mandalika itu pun berhasil menyita perhatian publik, baik yang sedang menonton langsung di area balapan maupun di sosial media.

Pawang Hujan Mandalika itu bernama lengkap Raden Roro Istiati Wulandari wanita yang lahir di Papua pada 22 Oktober 1983. Meski lahir di Papua, Rara adalah penganut kejawen berdarah Jawa yang kini tinggal di Bali.

Diketahui, Rara memang sudah sejak lama mempelajari ilmu menjadi 'pawang hujan', bahkan sejak dirinya masih kecil. Rara mulai belajar pawang sejak umur sembilan tahun.

Rara memang telah diminta secara khusus oleh pihak penyelenggara, yakni Mandalika Grand Prix Association (MGPA) dan Dorna untuk memastikan tidak turun hujan selama acara berlangsung.

Berapa ya bayarannya? Buka halaman selanjutnya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT