ADVERTISEMENT

Modal Rp 1 Juta, Ini Rahasia Omzet Pedagang Baju Online Meningkat 60%

Zefanya Aprilia - detikFinance
Selasa, 22 Mar 2022 10:06 WIB
Kampus UMKM Shopee
Foto: Dok. Shopee
Jakarta -

Wendi Paisal tidak pernah menyangka toko online Indahfashion26 rintisannya kini menjual hingga 450 pesanan sehari. Omzet toko baju online yang berdiri tahun 2019 lalu, telah melesat 60 persen.

Di balik kesuksesan tersebut, Wendi pernah mengalami jatuh bangun dalam berbisnis. Ia bercerita bagaimana usaha reseller pakaian yang sebelumnya ia geluti, menemui jalan buntu akibat tidak kunjung mendapatkan keuntungan.

"Awalnya saya dulu supplier ke toko-toko. Karena persaingan harga, ya nggak dapet untung, untung kita kecil banget. Waktu itu karena ekonomi, kita kesulitan menjual barangnya, penjualannya kurang, lalu kepikiran kenapa saya nggak jual sendiri aja?" ujar pemuda asal Bandung itu kepada media, Senin (21/3/2022).

Bermodalkan nekat dan uang sebesar satu juta rupiah hasil gadai perhiasan istri, Wendi pun memutuskan untuk memproduksi baju rajutannya sendiri dan memanfaatkan e-commerce, Shopee, sebagai lapak berjualan. Pada tahun 2019, Indahfashion26 pun mulai beroperasi dan berjualan secara online dengan produk andalan berupa cardigan dan sweater untuk wanita.

Wendi mengakui, pada awal bergabung dengan Shopee, dia tidak mengerti dan memahami seluk beluk dunia bisnis digital khususnya online marketplace.

"Saya nggak tau itu ya marketplace online, saya hanya belajar saja dari aplikasi (otodidak)," katanya.

Mendengar kabar adanya pembukaan Kampus UMKM Shopee di Bandung, Wendi langsung mendaftarkan diri. Ia ingin mengasah kemampuan bisnis digitalnya agar bisa mendapatkan keuntungan yang lebih besar.

Di sana, Wendi diberikan sembilan modul yang diberikan oleh para trainer Kampus UMKM Shopee. Dengan menerapkan semua modul tersebut, Wendi berhasil mengoptimalkan performa tokonya melalui iklan dan promo di Shopee.

"Sebelum bergabung dengan kampus UMKM misalnya, saya belum banyak tahu tentang fungsi promo dan cara menggunakannya. Setelah bergabung di Kampus UMKM Shopee, banyak diajarkan strategi pemasaran, salah satunya memaksimalkan fitur iklan Shopee yang bantu toko kita lebih maksimal," terangnya.

Berlanjut ke halaman berikutnya >>>

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT