Profil Ketua MK Anwar Usman yang Akan Nikahi Adik Jokowi, Hartanya Melesat saat Pandemi

Kholida Qothrunnada - detikFinance
Selasa, 22 Mar 2022 09:57 WIB
Anwar Usman terpilih jadi ketua MK
Anwar Usman/Foto: Luthfy Syahban
Jakarta -

Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Anwar Usman dikabarkan akan segera menikahi adik kandung Presiden Joko Widodo, Idayati. Kabar bahagia tentang rencana pernikahan ketua MK itu dengan Adik Jokowi telah dibenarkan oleh Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka.

Berdasarkan informasi, prosesi lamaran Ketua MK dan Adik Jokowi itu telah diterima keluarga yang diwakili Jokowi sebagai kakak laki-laki Idayati. Momen itu bertepatan saat Jokowi melakukan kunjungan kerja di Solopada Sabtu (12/3/2022) lalu.

"Iya (tanggal 12 Maret sudah lamaran)," ucap putra sulung Presiden Jokowi dikutip dari detikJateng saat dijumpai di Balai Kota Solo, Senin (21//2022).

Resepsi pernikahan Ketua MK dan Idayati itu kabarnya akan digelar pada 26 Mei 2022 di Solo, dan dilanjutkan acara pada 28 Mei 2022 di Sumbawa. yang merupakan asal Anwar Usman. Namun, ketika ditanya soal rencana resepsi pernikahan, Gibran mengaku belum tahu pasti.

"Saya nggak tahu tanggal pasnya. Tanya yang bersangkutan saja, tanya Bu Ida. Di Solo apa di Jakarta saya belum tahu (resepsi pernikahannya)," ucap Gibran.

Lalu, siapa sosok Ketua MK Anwar Usman yang akan nikahi Adik Jokowi itu? Berikut adalah profil Ketua MK Anwar Usman yang telah dirangkum detikcom dari berbagai sumber.

Riwayat Pendidikan Ketua MK Anwar Usman

Anwar Usman lahir pada 31 Desember 1956 di Kecamatan Bolo, Bima Nusa Tenggara Barat (NTB). Ketua MK itu juga dibesarkan di Desa Rasabou, Bolo, NTB. Ia merupakan anak dari pasangan Usman A. Rahim dan St. Ramlah. Calon suami Adik Jokowi itu, kini berusia 66 tahun.

Pria yang akan menikahi Idayati itu merupakan lulus dari SDN 03 Sila, Bima pada 1969. Anwar meninggalkan desa dan orang tua untuk melanjutkan pendidikan ke Sekolah Pendidikan Guru Agama Negeri (PGAN) selama 6 tahun hingga 1975.

Kemudian, secara paralel Anwar memilih untuk melanjutkan pendidikan S1 ke perguruan tinggi di Fakultas Hukum Universitas Islam Jakarta pada 1984. Anwar memperoleh gelar doktor Program Bidang Ilmu Studi Kebijakan Sekolah Pascasarjana di Universitas Gadjah Mada pada tahun 2010.

Pernah Ikut Teater

Anwar mengaku terbiasa hidup dalam kemandirian. Ia juga sempat menempuh perjalanan hidup yang panjang untuk bisa menjadi hakim di MK, dimana profesi tersebut sebenarnya tidak ia cita-citakan.

Sebelumnya, selama Anwar Usman menjadi mahasiswa, Anwar juga aktif dalam kegiatan teater di bawah asuhan sutradara ternama Ismail Soebarjo, dan tercatat sebagai anggota Sanggar Aksara. Dilansir dari situs resmi MK, Anwar sempat berakting dalam sebuah film yang dibintangi Nungki Kusumastuti, Frans Tumbuan dan Rini S. Bono besutan Ismail Soebardjo pada 1980.

Riwayat Karir sebagai Hakim

Karir Anwar Usman dalam bidang konstitusi sebelum menjadi Ketua MK bisa dikatakan cukup panjang.

Berikut adalah riwayat karir Anwar Usman:

  • Menjadi Asisten Hakim Agung di Mahkamah Agung (MA) dari 1997 - 2003.
  • Diangkat menjadi Kepala Biro Kepegawaian MA dari 2003 - 2006.
  • Diangkat menjadi Hakim Pengadilan Tinggi Jakarta dengan tetap dipekerjakan sebagai Kepala Biro Kepegawaian pada 2005.
  • Menjabat sebagai Kepala Badan Litbang Diklat Kumdil MA periode 2006-2011.
  • Anwar dilantik menjadi Hakim Konstitusi oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) pada 6 April 2011.
  • Pernah menjadi Wakil Ketua MK periode pertama 2015-2016
  • Wakil Ketua MK periode kedua 2016-2018
  • Anwar Usman menjabat sebagai Ketua MK sejak tahun 2018.

Harta Kekayaan Anwar Usman

Berdasarkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LKHPN) yang bisa diakses publik. Tercatat pada 11 Februari 2020, harta kekayaan Anwar Usman sebesar Rp 5 miliar selama periode 2019.

Harta kekayaan Anwar Usman kemudian melonjak cukup pesat di tahun berikutnya bahkan hingga berkali-kali lipat. Pada 15 Maret 2021, Ketua MK tersebut memiliki kekayaan mencapai Rp 26,4 miliar selama periode 2020.

Sama-sama Ditinggalkan Pasangan

Untuk diketahui suami Adik Jokowi Idayati, Hari Mulyono, telah meninggal dunia pada 24 September 2018 di RSPAD Jakarta. Sedangkan istri Anwar Usman, Suhada Ahmad Sidik, meninggal dunia pada 26 Februari 2021 yang lalu karena serangan jantung.

Nah, itu tadi sosok profil Ketua MK Anwar Usman yang dikabarkan akan menikahi Idayati yang merupakan Adik Jokowi. Semoga resepsi pernikahan yang dikabarkan akan digelar pada 26 Mei 2022 di Solo bisa berjalan dengan lancar!

Simak juga 'Pernikahan Stafsus Jokowi Ayu Kartika di Mata MUI':

[Gambas:Video 20detik]



(fdl/fdl)