Jokowi Beberkan Untungnya RI Tak Pernah Lockdown

Trio Hamdani - detikFinance
Selasa, 22 Mar 2022 22:00 WIB
Presiden Joko Widodo
Foto: Presiden Jokowi (Tangkapan layar YouTube Sekretariat Presiden)
Jakarta -

Indonesia tidak pernah melakukan kebijakan lockdown dalam menghadapi pandemi virus Corona (COVID-19). Hal itu memberikan dampak positif terhadap perekonomian Indonesia. Berkahnya terasa di tahun 2022 ini.

1. Permudah Akselerasi Ekonomi di 2022

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjelaskan Indonesia dapat mengakselerasi perekonomian dengan lebih mudah berkat tidak pernah melakukan lockdown sejak pandemi COVID-19 melanda.

"Perekonomian kita sepanjang tahun 2020-2021 juga terus bergerak, tidak pernah berhenti. Salah satunya karena kita tidak pernah lockdown, dan ini mempermudah untuk akselerasi perekonomian di tahun 2022," katanya dalam acara CNBC Indonesia Economic Outlook 2022 yang disampaikan dari jarak jauh, Selasa (22/3/2022).

2. Virus Corona Tetap Terkendali

Meski tak pernah melakukan lockdown, Indonesia tetap mampu mengendalikan pandemi COVID-19. Bahkan mantan Gubernur DKI Jakarta itu menyebut Indonesia menjadi salah satu negara yang berhasil dalam menangani keganasan virus Corona.

"Kita termasuk negara yang berhasil dalam menangani pandemi. Kasus penyebaran virus COVID-19 cukup bisa kita kendalikan," sebutnya.

3. Didukung Sejumlah Faktor

Pondasi Indonesia yang semakin baik juga didukung oleh terbitnya Undang-undang Cipta Kerja yang dia sebut sebagai reformasi struktural paling fundamental dan komprehensif. Menurutnya penyederhanaan birokrasi untuk investasi mulai terlihat dan dapat dinikmati hasilnya di tahun 2022 ini.

Selanjutnya, langkah-langkah hilirisasi juga sudah berlangsung secara masif di tahun 2021. Ekspor bahan baku, barang mentah disetop, dan pemerintah mendorong hilirisasi di dalam negeri.

Lanjut ke halaman berikutnya



Simak Video "Megawati Bantah Hubungan dengan Jokowi Retak: Ngamuk Wae Gak Pernah"
[Gambas:Video 20detik]