Sirkuit Mandalika Dijamin Tak Terbengkalai, Investor Antre Masuk

Anisa Indraini - detikFinance
Jumat, 25 Mar 2022 11:42 WIB
Motif tenun sasak di Sirkuit Mandalika
Foto: Dok. Kementerian PUPR

Pengembangan Kawasan Mandalika

Dony menyebut pihaknya sedang memikirkan pengembangan kawasan di Mandalika tidak hanya sirkuit. Untuk melaksanakan itu akan dilakukan studi banding demi menjadikannya kawasan yang berkembang cepat paling tidak seperti Seminyak dan Canggu.

"Kita punya 1.200 hektar makanya di dalamnya mungkin kita akan menjadikan ini sebagai moto village. Saya optimis dalam tiga tahun Mandalika akan menjadi luar biasa, satu sektor dari Bali (Seminyak dan Canggu), tapi mungkin akan mengalahkan Senggigi," ungkapnya.

Diharapkan akan banyak investor yang masuk untuk pengembangan kawasan Mandalika. Dony memperkirakan total investasi bisa mencapai hingga Rp 4,5 triliun, itu baru dari hotel saja.

"Kita menargetkan paling tidak ada 2 ribu roomkey baru yang kita harapkan. Kalau 2 ribu saja dikali rata-rata bintang 5 itu kurang lebih Rp 1,8 miliar per kamar, berarti total investasi yang kita harapkan mungkin sekitar Rp 3,5 triliun sampai Rp 4,5 triliun untuk pembangunan hotel saja," bebernya.

Tak hanya hotel, pihaknya juga akan mengembangkan destinasi di kawasan Mandalika dan diharapkan ada industrial yang terkait kepada otomotif di dalamnya.

"Jadi ini yang sedang kita lakukan pengkajian, tapi paling tidak sekarang ini sudah mulai investor kaget begitu tahu bahwa ternyata Mandalika itu aksesnya mudah," tandasnya.


(aid/eds)