Ini Dia Sederet Proyek Garapan Holding BUMN Pariwisata

ADVERTISEMENT

Ini Dia Sederet Proyek Garapan Holding BUMN Pariwisata

Anisa Indraini - detikFinance
Jumat, 25 Mar 2022 22:03 WIB
KEK Mandalika
Foto: Ahmad Masaul Khoiri/detikcom
Jakarta -

Holding BUMN pariwisata atau InJourney memiliki segudang proyek yang akan digarap. Di usianya yang baru 2 bulan sejak diluncurkan 13 Januari 2022, pihaknya sudah memiliki banyak rencana menuju transformasi ekosistem pariwisata yang lebih baik.

"Di InJourney kita memiliki 10 kurang lebih project yang berkaitan dengan pariwisata yang sedang kita lakukan," kata Direktur Utama PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) atau InJourney Dony Oskaria dalam wawancara khusus bersama detikcom di Gedung Sarinah Thamrin, Jakarta Pusat, Rabu (23/3/2022).

Proyek itu ada yang bakal rampung tahun ini maupun baru dimulai tahun depan. Berikut daftarnya:

1. Pengembangan Kawasan Mandalika

Proyek pertama di bawah bendera InJourney adalah pengembangan kawasan di Mandalika yang tidak hanya sirkuit. Pihaknya bahkan akan melakukan studi banding demi menjadikannya kawasan yang berkembang cepat paling tidak seperti Seminyak dan Canggu.

"Kita punya 1.200 hektar makanya di dalamnya mungkin kita akan menjadikan ini sebagai moto village. Saya optimis dalam tiga tahun Mandalika akan menjadi luar biasa, satu sektor dari Bali (Seminyak dan Canggu), tapi mungkin akan mengalahkan Senggigi," ungkapnya.

Diharapkan akan banyak investor yang masuk untuk pengembangan kawasan Mandalika. Dony memperkirakan total investasi bisa mencapai hingga Rp 4,5 triliun, itu baru dari hotel saja.

"Kita menargetkan paling tidak ada 2 ribu roomkey baru yang kita harapkan. Kalau 2 ribu saja dikali rata-rata bintang 5 itu kurang lebih Rp 1,8 miliar per kamar, berarti total investasi yang kita harapkan mungkin sekitar Rp 3,5 triliun sampai Rp 4,5 triliun untuk pembangunan hotel saja," bebernya.

2. Taman Mini Indonesia Indah (TMII)

Revitalisasi TMII juga menjadi proyek lainnya di bawah InJourney yang bakal punya wajah baru. Renovasi ini sudah berjalan dan ditargetkan rampung September 2022.

"Taman Mini kita sedang renovasi, ini kita harapkan September selesai sehingga akan jadi traffic puller juga nantinya," tuturnya.

3. Harbour City di Lampung

Berikutnya proyek yang akan digarap InJourney yakni Bakauheni Harbour City (BHC) yang akan menjadi tumpuan pariwisata lokal di Provinsi Lampung. Di sana, akan dibuat taman hiburan (theme park).

"Kita harapkan bulan depan sudah mulai groundbreaking dan lain-lain, ini akan dikerjakan oleh Jatim Park," beber Dony.

4. Theme Park di Riau

Masih dengan konsep yang sama, Theme Park juga akan dibangun di tepi sungai Siak, Pekanbaru, Riau. Kehadirannya juga diharapkan dapat memberikan dampak terhadap perekonomian lokal.

5. Revitalisasi Jalur Kereta Sawahlunto

Selanjutnya jalur kereta wisata di Sawahlunto, Sumatera Barat yang direncanakan akan dihidupkan kembali. "Karena ini adalah kawasan heritage Unesco, kita sedang membuat itu dan kita harapkan tahun depan selesai semua," imbuhnya.

Masih ada 2 proyek lagi. Langsung klik halaman berikutnya

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT