ADVERTISEMENT

Ini Dia Sederet Proyek Garapan Holding BUMN Pariwisata

Anisa Indraini - detikFinance
Jumat, 25 Mar 2022 22:03 WIB
KEK Mandalika
Foto: Ahmad Masaul Khoiri/detikcom

6. Medical Tourism di Bali

Nah ini termasuk proyek yang sangat besar di mana menghadirkan rumah sakit berstandar Internasional di Sanur, Bali. Berdiri di atas lahan seluas 43 hektar, akan ada 6 pusat kesehatan yang dikerjasamakan dengan asing seperti Mayo Clinic di mana di dalamnya akan ada botanical garden, resort hotel, convention center, sekolah perawat, hingga pemandangan pantai sebagai penunjang pariwisata.

"Ini terintegrasi dalam satu komplek seluas 43 hektar di Sanur, beachfront. Ini akan menjadi salah satu kawasan rumah sakit terbaik tentunya kita harapkan paling tidak di Asia yang memang ada pantai putih, hotel, resort, rumah sakit dan lain-lain," bebernya.

Kehadiran wisata kesehatan di Indonesia dinilai sangat penting mengingat selama ini banyaknya orang Indonesia yang justru berobat ke luar negeri. Proyek ini akan digarap oleh PT Hotel Indonesia Natour (Persero) yang menjadi anggota holding dengan mengundang investor.

"Total orang Indonesia yang berobat keluar negeri itu dalam satu tahun 2 juta orang dan Rp 200 triliun devisa kita yang out flow. Untuk itu kita melihat wisata kesehatan jadi salah satu yang harus kita buat dan kita perkuat," jelasnya.

7. Pelabuhan Kelas Internasional di Tanjung Benoa

Pembangunan infrastruktur pelabuhan juga jadi salah satu proyek yang dikerjakan di bawah InJourney. Pelabuhan di Tanjung Benoa bakal disulap untuk bisa disandarkan oleh kapal-kapal pesiar hingga kapal layar mewah (yacht).

"Tanjung Benoa akan menjadi pelabuhan khusus pariwisata akan ada yacht club di situ, pelabuhan cruise dan lain-lain ini juga sedang kita lakukan, di Bajo juga sama kami sedang mengembangkan," katanya.

"Di Borobudur sedang kami lakukan perubahan masterplan Borobudur, di Toba dan lain-lain. Jadi memang ada satu perubahan fundamental yang dilakukan pemerintah di jaman sekarang yaitu kalau saya sebagai penggiat pariwisata melihat ini satu kemajuan yang luar biasa," tandasnya.


(aid/hns)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT