Kolom

Modernisasi Tambak Udang Indonesia

Sakti Wahyu Trenggono - detikFinance
Senin, 28 Mar 2022 12:20 WIB
Sakti Wahyu Trenggono
Foto: Dok. Istimewa
Jakarta -

Menjadikan Indonesia sebagai negara pengekspor udang terbesar di dunia rasanya bukan sebuah mimpi yang muluk.

Indonesia memiliki potensi lahan dan pasar, kemajuan teknologi budidaya, serta besarnya sumber daya manusia yang dimiliki menjadi modal utama.

Untuk mencapai mimpi tersebut, Kementerian Kelautan dan Perikanan pasang strategi modelling berupa pembangunan percontohan kawasan budidaya udang terintegrasi di beberapa wilayah Indonesia.

Kemudian melakukan revitalisasi tambak udang tradisional menjadi semi intensif atau intensif yang bertujuan meningkatkan hasil panen.

Berbicara mengenai modelling tambak udang terintegrasi, Kabupaten Sumbawa, Nusa Tenggara Barat merupakan salah satu lokasi pembangunan.

KKP akan membangun tambak udang modern seluas 528 hektare di lahan yang mencakup tiga desa di Kecamatan Moyo Utara.

Pekan lalu, saya bersama jajaran lingkup eselon I KKP berkunjung ke sana.

Bertemu dengan masyarakat pembudidaya dan pemerintah daerah yang antusias menyambut rencana pembangunan tambak udang terintegrasi ini. Saya sangat mengapresiasi kesediaan masyarakat dan pemda dalam menjalankan program ini.

Sebagai gambaran, tambak udang modern di Kabupaten Sumbawa akan dilengkapi dengan fasilitas sarana dan prasarana seperti kantor pusat kontrol manajemen, laboratorium, nursery pond, mess karyawan hingga jalan. Pembangunannya memakan biaya sekitar Rp2,25 triliun.

Tambak akan menggunakan teknologi intensif ramah lingkungan, yang dilengkapi dengan tandon serta instalasi pengolahan air limbah (IPAL). Target produksinya sebanyak 40 ton per hektare per siklus, sesuai best practice.

Skema pengelolaan kawasan budidaya udang terintegrasi ini nantinya oleh LPMUKP dengan melibatkan

Pemda Kabupaten Sumbawa, serta masyarakat pembudidaya setempat. Dan jika tak ada aral melintang, tahun ini pembangunan infrastruktur segera dilakukan. Niatan baik sebaiknya memang tidak ditunda-tunda pelaksanaannya.

Lanjut ke halaman berikutnya



Simak Video "Pengosongan Rumah Dinas KKP di Purwakarta Sempat Diwarnai Ketegangan"
[Gambas:Video 20detik]