ADVERTISEMENT

Juragan 99 Punya Puluhan Bisnis, Jumlah Karyawan 2.000 Orang Lebih

Eduardo Simorangkir - detikFinance
Senin, 28 Mar 2022 14:58 WIB
PT Kosme Group Indonesia
Foto: Eduardo Simorangkir
Jakarta -

Juragan 99 atau Gilang Widya Pramana bersama sang Istri, Shandy Purnamasari memulai usahanya sejak 2013. Kini setelah sembilan tahun membangun bisnis, keduanya telah memiliki sedikitnya 20 lini usaha di bawah holding J99 Corp.

J99 Corp adalah holding company yang didirikan sejak November 2020. Holding J99 Corp memiliki setidaknya lima anak usaha, di antaranya J99 Vape, Kosme Group Indonesia (KGI), Kosmetika Cantik Indonesia (KCI), JFoundation, dan J99 Trans.

"Sekarang kita sudah pekerjakan 2 ribu lebih karyawan di 20 unit bisnis yang mencakup bisnis manufaktur, kesehatan, makanan dan minuman, garmen, dan transportasi," kata CEO J99 Corp, Danang Dwi Yuanto saat ditemui di Jakarta, Jumat (25/3/2022).

Danang bilang, 20 unit bisnis tersebut kini dikumpulkan dalam satu holding demi menghubungkan tiap lini bisnis menjadi saling bersinergi dan berkolaborasi. Beberapa produk atau bisnis J99 Corp yang dikenal publik di antaranya MS Glow, MS Glow Clinic, MS Glow for Men, J99 Water, J99 Trans, Kosme Mask, dan J99 Vape.

"Kita punya cita-cita menginspirasi bahwa kita adalah generasi muda yang berani membentuk suatu usaha, dan kita pengin jadi perusahaan grup nasional kebanggaan bangsa. Kita pengin jadi kuda hitam." kata Danang.

J99 Corp berkantor di J99 Tower, Pancoran, Jakarta Selatan. J99 Corp memiliki sedikitnya tujuh buah pabrik yang berlokasi di Malang, Surabaya, hingga Cikarang. Di antaranya 3 pabrik kosmetik, 1 packaging, 1 kosme solution, 1 kosme health, dan 1 kosme nutrition.

Cikal bakal J99 Corp sendiri berawal dari bisnis penjualan kosmetik yang dilakukan oleh Shandy Purnamasari pada tahun 2013. Saat itu brand MS Glow belum ada, dan di bawah CV Cantik Skincare, Shandy menjalankan bisnis reseller produk kosmetik.

Dua tahun kemudian barulah produk MS Glow diciptakan di bawah CV Cantik Indonesia. Saat itu produksi MS Glow masih dilakukan dengan cara maklun atau maklon, yakni menggunakan jasa manufaktur dari pabrik lain. Baru pada 2018, Ms Glow diproduksi oleh pabrik sendiri di bawah PT Kosmetika Global Indonesia (KGI).

Tak cuma di bisnis kecantikan dan perawatan diri, J99 Corp juga menjajal bisnis di bidang lainnya. Pada 2020 dan 2021, J99 Corp masuk ke bisnis rokok elektrik, minuman, hingga obat tradisional. Sejumlah perusahaan baru didirikan mulai dari J99 Vape, PT Kosmetika Klinik Indonesia, PT Kosmetika Global Nutrition, PT Kosmetika Global Solution, hingga Juragan 99 Garment. Sebelumnya pada 2018, Juragan 99 juga mendirikan J99 Trans, PO Bus Pariwisata yang beroperasi di Malang, Jawa Timur.

(eds/ang)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT