Peritel Raksasa Ini Putuskan Setop Jual Rokok!

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Selasa, 29 Mar 2022 09:03 WIB
Ilustrasi rokok
Foto: Dok. REUTERS/Christian Hartmann/Illustration
Jakarta -

Salah satu jaringan toko ritel terbesar di Amerika Serikat (AS) Walmart tak lagi menjual rokok di sejumlah tokonya seperti di California, Florida, Arkansas dan New Mexico. Meskipun penjualan rokok bisa menjadi salah satu sumber pendapatan besar bagi perusahaan.

Memang, Walmart bukanlah yang pertama menghentikan penjualan rokok di negara tersebut. Tapi langkah penghentian penjualan ini merupakan yang terbesar dibandingkan yang lainnya.

Target untuk menghentikan penjualan rokok ini sudah digaungkan sejak 1996 lalu. Dalam pernyataannya, Walmart menyebut jika keputusan ini diharapkan bisa disesuaikan dengan bisnis dan pasar tertentu.

"Kami selalu mencari cara untuk memenuhi kebutuhan pelanggan dan tetap menjalankan bisnis secara efisien," kata Walmart dikutip dari Aljazeera, Selasa (29/3/2022).

Dinas kesehatan di AS menyebut jika merokok menyebabkan satu dari lima kematian yang terjadi di AS setiap tahunnya. Pada 2019 Walmart yang berbasis di Bentonville dan Sam's Clubs mengumumkan untuk menghentikan bisnis vaping dan berhenti menjual rokok elektrik.

Tak cuma Walmart, toko CVS Health juga mulai melakukan hal itu pada 2014 lalu. Penjualan CVS Health turun dalam beberapa kuartal setelah menghentikan penjualan produk tembakau. Perusahaan juga telah memprediksi jika penghentian ini akan membuat pendapatan tahunan menyusut.



Simak Video "Penampakan Rokok-HP Ilegal Senilai Rp 9 M Dimusnahkan Bea Cukai Kepri"
[Gambas:Video 20detik]
(kil/das)