Dijual Tak Laku, Jet Kepresidenan Meksiko Disewakan untuk Pesta

Aldiansyah Nurrahman - detikFinance
Selasa, 29 Mar 2022 10:41 WIB
Bertahun-tahun dijual pesawat kepresidenan Meksiko belum laku juga. Presiden Meksiko pun berencana menyewakan pesawat kepresidenan untuk pernikahan atau pesta.
Foto: Reuters
Jakarta -

Presiden Meksiko Andrés Manuel López Obrador mengaku menyerah mencoba menjual jet kepresidenannya. Ia memutuskan akan menyewakan pesawat itu untuk keperluan pernikahan atau pesta.

Pesawat jet Boeing 787 itu akan diparkir di Felipe Angeles Mexico City dan akan tersedia untuk disewakan untuk mereka yang mengadakan pesta dalam penerbangan di atas pesawat.

"Biaya sewa akan digunakan untuk membayar biaya pemeliharaannya," kata López, melansir traveller, Selasa (29/3/2022).

"Ini akan terbuka untuk umum jika ada yang menginginkannya. Mereka yang ingin menikah, mereka ingin membawa teman dan keluarga atau pesta dewasa, ulang tahun," tambahnya.

Sejak 2018, López telah mencoba menjual pesawat tersebut. Bahkan Pesawat Boeing 787 tersebut pernah akan dijual secara raffle alias seperti lotere.

López bangga akan keputusannya tidak menggunakan pesawat itu. Ia hanya menggunakan penerbangan komersial dan hanya sekali melakukan perjalanan ke luar negeri dengan pesawat kepresidenannya itu.

Dia mengatakan pesawat jet itu sulit dijual karena desainnya dibuat sesuai bentuk pesawat kepresidenan. Lopez mengatakan pemerintah masih terbuka untuk menawarkan jet itu, tetapi setelah hampir 3,5 tahun, kemungkinan itu laku tampaknya kecil.

Pesawat tersebut dibeli seharga $US200 juta atau setara Rp 2,87 triliun (kurs Rp 14.366) dan digunakan oleh presiden periode sebelumnya, Enrique Peña Nieto. Sulit untuk menjualnya karena dikonfigurasi untuk membawa hanya 80 orang, selain itu di dalamnya didesain terdapat kamar presiden lengkap dengan kamar mandi pribadi.

Para ahli mengatakan akan mahal untuk mengkonfigurasi ulang menjadi jet penumpang biasa yang akan membawa hingga 300 penumpang.



Simak Video "2 Kali Positif Covid-19, Presiden Meksiko Kini Kembali Sembuh"
[Gambas:Video 20detik]
(das/das)