ADVERTISEMENT

Tahu Nggak Ada Berapa Banyak Uang di Mesin ATM? Ini Jawabannya

Fadhly Fauzi Rachman - detikFinance
Selasa, 29 Mar 2022 13:30 WIB
Ilustrasi mesin ATM
Mesin ATM/Foto: Getty Images/iStockphoto/PKpix
Jakarta -

Mengambil uang di mesin anjungan tunai mandiri alias ATM tentu sering kita lakukan. Tak jarang juga ditemukan, ada mesin ATM yang kehabisan uang dan tak bisa digunakan. Bikin penasaran, ada berapa banyak total uang di dalam mesin ATM?

Bagi yang belum tahu, biasanya dalam satu mesin ATM terdapat 4 buah cartridge/kaset atau kotak penyimpanan uang. Dalam 1 kotak penyimpanan tersebut, maksimal uang yang bisa diisi ialah sebanyak 2.500 lembar. Artinya, total uang yang bisa diisi di seluruh penyimpanan tersebut mencapai 10.000 lembar.

"Jadi kalau 4 kaset diisi dengan pecahan Rp 100 ribu, berarti total uang di mesin ATM Rp 1 miliar. Kalau isinya Rp 50 ribu berarti total uang di mesin ATM tersebut Rp 500 juta," kata salah seorang petugas bank yang biasa mengisi mesin uang di ATM kepada detikcom, Selasa (29/3/2022).

Nah, selain 4 kotak tersebut, masih ada 1 kotak lagi yang digunakan untuk menyimpan uang yang tidak bisa dikeluarkan oleh mesin ATM, misalkan karena nasabah yang lupa mengambil uang tunai saat transaksi selesai atau karena kualitas uang yang kurang baik.

"Karena itu untuk uang reject atau misalnya uang yang nggak layak untuk dikeluarin, jadi dia menyortir otomatis. Namanya kaset cadangan. Vendor biasanya menyebut kaset reject," katanya.

Proses Memasukkan Uang ke Mesin ATM

Biasanya, setiap bank memiliki prosedur standar atau SOP masing-masing. Namun rata-rata, pengisian uang ke mesin ATM dilakukan oleh pegawai bank atau dari pihak vendor mesin ATM.

Selama proses pengisian, pegawai bank biasanya ditemani pihak keamanan baik itu sekuriti atau polisi jika nominalnya besar. Rata-rata uang di dalam ATM diisi ulang maksimal 7 hari. Pengisian uang ke mesin ATM biasanya dilakukan saat sepi agar lebih aman dan lebih optimal.

Simak juga Video: Heboh Raffi Ahmad-Nagita Slavina Dapat Mesin ATM

[Gambas:Video 20detik]



(fdl/fdl)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT