Sri Mulyani Ingatkan RS Beli Produk Lokal: Jangan Ada Korupsi!

Trio Hamdani - detikFinance
Rabu, 30 Mar 2022 10:45 WIB
foto profil
Foto: Edi Wahyono
Jakarta -

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati meminta rumah sakit mematuhi arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk membeli produk dalam negeri.

Sri Mulyani menjelaskan bahwa tata kelola di rumah sakit harus diperbaiki, terutama berkaitan dengan program BPJS Kesehatan. Hal itu dia sampaikan dalam acara Rapat Koordinasi (Rakor) Badan Layanan Umum (BLU) 2022.

"Pengadaan alat kesehatan seperti Bapak Presiden sampaikan coba untuk melihat dari industri nasional, jangan ada korupsi, konflik kepentingan, karena alat-alat kesehatan penting bagi pelayanan kesehatan namun juga penting dari sisi keuangan BLU," katanya melalui saluran YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (30/3/2022).

Menurut mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia itu, bila para pengelola BLU di bidang kesehatan terus menjaga integritas, mereka bisa membangun rumah sakit yang baik, dengan alat kesehatan produksi dalam negeri yang tidak kalah dari sisi kualitasnya.

"Jangan sampai rumah sakit justru menjadi salah satu sumber dari masalah tata kelola," tambahnya.

Diketahui bahwa Jokowi baru-baru ini menyentil Kementerian Kesehatan. Sebab, mulai dari alat kesehatan hingga peralatan perkakas rumah sakit ternyata banyak diimpor. Padahal, barang tersebut menurutnya banyak diproduksi di dalam negeri. Secara spesifik dia juga menyebut nama Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin untuk memperhatikan hal ini.

"Alkes, Menteri Kesehatan ini. Tempat-tempat tidur untuk rumah sakit itu produksi di Yogyakarta ada, Bekasi, Tangerang ada, beli impor. Ini rumah sakit di daerah banyak yang beli impor, Kementerian Kesehatan masih impor," papar Jokowi saat memberikan arahan di acara Afirmasi Bangga Buatan Indonesia, Jumat (25/3/2022).

(toy/dna)