Pengertian SOP, Fungsi, dan Manfaatnya

ADVERTISEMENT

Pengertian SOP, Fungsi, dan Manfaatnya

Ignacio Geordi Oswaldo - detikFinance
Rabu, 30 Mar 2022 19:30 WIB
Peraturan PPKM Level 3 Terbaru. Cek di Sini!
Foto: Andhika Prasetia
Jakarta -

Istilah SOP mungkin sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat. Secara mudah, SOP adalah singkatan dari dari Standar Operasional Prosedur. Lantas apa itu SOP, fungsi dan manfaatnya? Berikut penjelasannya.

Pengertian SOP

Melansir dari situs Gramedia, Standar Operasional Prosedur atau SOP adalah suatu sistem yang dirancang guna menertibkan, merapikan, dan memudahkan suatu pekerjaan.

SOP biasanya hadir dalam bentuk seperti dokumen atau panduan yang berisikan prosedur yang harus dilaksanakan secara kronologis guna menyelesaikan sebuah pekerjaan untuk mendapatkan hasil kerja secara efektif dari pekerja dengan biaya yang rendah.

SOP kerap dipakai untuk menunjukkan kepatuhan terhadap suatu peraturan maupun praktik operasional. Serta guna mendokumentasikan atau mengabadikan bagaimana tugas wajib diselesaikan dalam organisasi kelompok atau individu.

Sebagai contoh, keerap kali saat sebuah perusahaan sedang tumbuh dan baru memulai, CEO atau tim manajemen cenderung membuat semua keputusan internal. Ketika perusahaan telah mencapai ukuran tertentu, maka bentuk pengambilan keputusan tersebut bisa membatasi kapasitasnya untuk tumbuh lebih lanjut.

Hal ini disebabkan CEO atau tim manajemen tidak bisa membuat semua keputusan dalam kerangka waktu yang sesuai atau terhubung dalam setiap aspek bisnis. Pada hal tersebutlah, SOP umumnya akan berperan sebagai sebuah dokumen yang mengatur, serta mengontrol secara keseluruhan semua proses bisnis.

Selain itu SOP juga bisa digunakan sebagai suatu cara yang efektif untuk mengkomunikasikan sebuah perubahan dalam cara bisnis bekerja terhadap karyawan.

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa SOP adalah suatu petunjuk secara tertulis yang memaparkan mengenai langkah-langkah kerja atau bagaimana cara melaksanakan kegiatan dengan rutin.

Fungsi SOP

Mempunyai prosedur memang bukanlah solusi dari semua masalah dan tidak bisa menjamin kinerja yang sangat baik maupun hasil yang baik. Akan tetapi, dengan membuat SOP, kamu bisa memastikan bahwa kamu mempunyai sistem dan proses kualitas secara terstruktur, karyawan yang berkualitas, dan budaya perusahaan yang dapat memotivasi setiap individu.

Karenanya Standar Operasional Prosedur atau SOP ini dapat memberikan fungsi bagi perusahaan seperti diantaranya adalah:

a. Konsistensi
Fungsi pertama SOP bagi bisnis kamu yaitu konsisten. Hal itu dikarenakan bahwa dengan kamu memberlakukan SOP secara konsistensi ketika mengerjakan segala tugas maupun aktivitas tertentu. Maka, konsistensi tersebut dapat mengurangi kemungkinan terjadinya masalah pada kualitas yang telah diberikan.

b. Reduksi kesalahan
Fungsi kedua SOP bagi bisnis kamu yaitu reduksi kesalahan. Standar Operasional Prosedur yang telah tertulis tersebut mencangkup serangkaian perintah atau instruksi untuk melaksanakan tugas. Selama tim kamu dan individu melaksanakan tugasnya sesuai dengan yang tertulis, maka terdapat peluang cukup besar untuk mengurangi kesalahan.

c. Komunikasi
Fungsi ketiga SOP bagi bisnis kamu yaitu komunikasi. Alasan suatu perusahaan membutuhkan SOP bagi tim maupun individu yaitu untuk kebutuhan komunikasi. Dengan evaluasi yang dilaksanakan pada prosedur operasi diperbarui, proses, dan setiap pembaruan yang membutuhkan pelatihan baru. Memperbarui SOP dengan memberikan sebuah metode yang digunakan untuk mengkomunikasikan perubahan proses kepada karyawannya.

Manfaat SOP

Terdapat beberapa manfaat yang cukup banyak, dan bisa diwujudkannya dengan menjadikan proses standarisasi sebagai dokumentasi atau berkas yang menyimpan SOP formal pada organisasi kamu.

Berikut ini adalah manfaat yang dapat kamu dapatkan, apabila kamu menerapkan SOP bagi sebuah perusahaan:

1. Keterbukaan Informasi
2. Tetap Konsisten
3. Penyesuaian Jadwal
4. Mereduksi Kegagalan
5. Kepatuhan Terhadap Hukum
6. Sebagai Standar Pelatihan
7. Peningkatan Keterampilan Kerja
8. Membantu Auditor Manajemen
9. Sebagai Dokumen untuk Improvisasi Alur Kerja
10. Pertimbangan Untuk Memperbaiki Keadaan

Demikian penjelasan mengenai SOP. Bagaimana detikers, sekarang jadi lebih paham kan?

(fdl/fdl)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT