ADVERTISEMENT

Produk Kelapa Parut RI Tembus ke Bulgaria

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Kamis, 31 Mar 2022 21:30 WIB
Tepung Kelapa
Foto: shutterstock
Jakarta -

Produk high fat desiccated coconut atau tepung kelapa yang berasal dari daging kelapa alias kelapa parut milik RI kini tembus ke Bulgaria. Hal itu tercipta setelah adanya kontrak penjualan yang dilakukan perusahaan RI dan Bulgaria.

PT Sasa Inti dan P.I.C. Co Bulgaria Dimitri Vintzilaios telah melakukan penandatangan kontrak penjualan high fat desiccated coconut yang disaksikan langsung oleh Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh RI untuk Bulgaria, Albania dan Makedonia Utara, Iwan Bogananta.

"Terima kasih juga kepada Sasa yang sangat siap dalam segala hal, khususnya senantiasa mendukung program kerja kami mempromosikan produk Indonesia ke ranah internasional," kata Iwan Bogananta dikutip Kamis (31/3/2022).

Iwan melanjutkan, Bulgaria merupakan negara yang sangat berpotensi untuk dijadikan 'hub' dagang produk-produk Indonesia untuk masuk ke Eropa bahkan kawasan lainnya seperti Afrika dan Timur Tengah.

"Saya yakin penandatanganan perjanjian kerjasama ini, akan membawa angin segar terhadap peluang produk Indonesia lainnya serta menciptakan daya saing positif dengan produk dunia lainnya," tegasnya.

Iwan pun berharap agar perusahaan dengan kapitalisasi besar mencontoh Sasa yang selalu menggerakkan para pelaku UMKM untuk disinergikan dengan Industri produknya.

Presiden Direktur PT Rodamas Inti Internasional, Hadi Santoso mengungkapkan perjanjian kerjasama ini merupakan kelanjutan dari pada penandatanganan LOI dengan Pihak P.I.C.Co tahun lalu dan berpotensi untuk mendatangkan bisnis senilai US$ 1,5 juta atau setara Rp 21,45 Miliar.

Tidak hanya sampai disitu, perjanjian ini telah membuka jalan bagi bentuk kerjasama lainnya dimana Sasa ditunjuk menjadi pemasok bahan baku utama bagi pabrik rendang pertama di Bulgaria yang digagas bersama oleh pakar kuliner Indonesia William Wongso, P.I.C.Co, dan Dubes Iwan Bogananta.

"Kami optimistis bahwa setelah sukses dengan high fat desiccated coconut, kami juga akan mengenalkan dan memasarkan produk-produk Sasa lainnya di Bulgaria, sekaligus mendukung program pemerintah untuk mempopulerkan kuliner Indonesia ke masyarakat internasional (Spice Up The World)," kata Hadi.

Perwakilan dari P.I.C.Co Group Bella Bulgaria Dimitri mengapresiasi langkah pemerintah Indonesia dan para stakeholder dalam peningkatan bisnis kedua negara.

"Ini merupakan tahap keberhasilan lain setelah pekan lalu grup kami berhasil melakukan kerjasama dalam mengembangkan produk makanan Indonesia 'Rendang Goes Europe' dengan peluncuran sangat megah di Bali," kata Dimitri.

Ia menekankan bahwa kedua peristiwa ini telah memberikan motivasi yang besar untuk mengenal produk Indonesia lainnya, khususnya dalam food Industries

"High fat desiccated coconut ini nantinya merupakan raw material untuk produksi beberapa produk makanan di pabrik kami di Bulgaria," tukasnya.



Simak Video "BPS Catat Nilai Ekspor Juli 2022 Turun 2,20% mom"
[Gambas:Video 20detik]
(kil/das)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT