Intip Fitur Aplikasi Kasir Digital POS Paling Diminati Bisnis Retail

Sponsored - detikFinance
Jumat, 01 Apr 2022 11:32 WIB
Olsera Merchant/Avallon Coffee & Cake
Foto: Olsera Merchant/Avallon Coffee & Cake
Jakarta -

Sebagai pemilik bisnis retail Anda mungkin menghadapi berbagai tantangan dengan tingkat kesulitan yang cukup tinggi. Pasalnya seorang pemilik bisnis retail biasanya dituntut multitasking.

Mereka harus mampu mengatur inventory barang, penjualan, hingga purchasing. Tuntutan inilah yang mendorong pentingnya aplikasi kasir Point of Sales (POS). Adapun fitur aplikasi POS yang diminati yaitu sebagai berikut.

Fitur Aplikasi Point of Sales yang Paling Diminati

1. Jual di Toko dan Jual Online Sekaligus

Program kasir digital serba bisa tidak hanya andal ketika digunakan. Lebih dari itu, aplikasi yang paling diminati yaitu POS memungkinkan pengguna untuk merasakan layanan penjualan di toko offline dan online sekaligus. Penjualan dilakukan dengan menggunakan database yang sama. Sehingga laporan keuangan yang dibuat tetap sinkron, meskipun penjualan dilakukan dari toko online, program kasir, maupun aplikasi mobile. Database yang sama ini juga dapat menjamin inventory dan produk yang ada.

Dengan fitur ini, Anda sebagai pemilik bisnis pun mampu menghargai waktu pelanggan. Sebab mereka dapat memanfaatkan fitur online delivery atau online reservation tanpa perlu datang secara langsung ke toko fisik. Bahkan bisnis restoran di masa sekarang menghadirkan sistem POS dengan fitur kenyamanan memesan di tempat menggunakan online dine-in yang dapat dilakukan langsung dari gadget masing masing.

2. Optimal di iOS, Android, dan Windows

Fitur aplikasi POS yang paling diminati oleh para pelaku bisnis di kalangan retail yaitu optimasi sistem pada perangkat iOS, Android, dan juga Windows. Ini tentu sangat penting agar berbagai perangkat yang dimiliki oleh pengelola dapat terintegrasi dengan sistem POS yang nantinya digunakan untuk mengelola bisnis.

3. QRIS

QRIS atau quick response code Indonesian standard adalah standarisasi pembayaran dari Bank Indonesia yang menggunakan metode QR Code. Adanya fitur QRIS pada aplikasi POS membantu membuat proses transaksi menjadi lebih cepat, mudah, dan efektif. Itu karena satu QR Code bisa dipindai oleh semua aplikasi yang menyediakan pembayaran dengan cara tersebut.

Proses transaksinya hanya tinggal scan, klik, lalu bayar saja. Tidak perlu repot melewati berbagai tahapan berlebihan. Notifikasi transaksi dapat langsung diterima dan membuat efisiensi waktu terjaga. Memiliki fitur aplikasi POS seperti ini dapat menambah nilai plus usaha Anda, karena masyarakat milenial banyak membutuhkannya.

Selain itu, QRIS sendiri mendukung berbagai channel pembayaran e-wallet yang populer digunakan di era modern saat ini. Sebut saja seperti Shopeepay, LinkAja, DANA, GoPay, OVO, BCA Mobile, OCBC Bank, Bank BRI, BNI, Mandiri, Panin Bank, Permata Bank, dan Panin Bank. Sehingga pelanggan pun dapat melakukan pembayaran dengan lebih fleksibel.

4. Manajemen Inventaris

Manajemen inventaris menjadi salah satu hal penting yang tidak dapat dilepaskan dari bisnis retail atau restoran sekalipun. Anda mungkin akan merasa kesulitan dalam melakukan reordering apabila tidak didukung oleh data yang akurat dan secara real-time. Namun dengan adanya POS Anda bisa menghindari masalah tersebut.

Hal ini berkat adanya fitur manajemen inventaris atau low stock notification yang menjadi salah satu paling diminati oleh para pemilik bisnis. Pasalnya fitur manajemen inventaris memungkinkan Anda mendapat notifikasi apabila barang persediaan sudah hampir habis. Sehingga Anda bisa langsung menghubungi vendor untuk me-refresh kembali persediaan yang dibutuhkan.

5. Mendukung Offline dan Online

Fitur yang mendukung offline dan online juga sangat diminati oleh para pemilik bisnis. Sebab sistem kasir yang andal memang memerlukan hal demikian agar transaksi yang dilakukan ketika kondisi offline otomatis tersinkronisasi kembali apabila Anda sudah terhubung ke jaringan internet.

6. Laporan Secara Real Time

Fitur aplikasi POS yang paling diminati berikutnya yaitu laporan penjualan. POS akan mencatat semua transaksi yang terjadi dalam bisnis dan data tersebut nantinya bisa membantu Anda melihat produk mana yang paling diminati. Melalui informasi ini, Anda pun bisa mengontrol ketersediaan barang dengan lebih mudah. Sehingga waktu terbaik untuk melakukan reordering dapat ditetapkan.

Fitur laporan secara real time tersebut bahkan bisa dibilang paling dicari dari sisi manajemen bisnis. Pasalnya keputusan bisnis yang tepat dapat diperoleh dengan mengandalkan data data dalam laporan. Itu berarti anda bisa memantau pengelolaannya meski sedang meeting di luar kota atau sedang bersantai di rumah.

7. Fitur Absensi

Belakangan, absensi juga menjadi salah satu fitur aplikasi POS yang paling diminati oleh para pelaku bisnis. Melalui fitur tersebut sistem dapat mencatat dan melaporkan semua manajemen kehadiran. Mulai dari absen masuk dan pulang pegawai, shift kerja karyawan jam berapa, dan lain sebagainya.

Dengan berbagai fitur seperti di atas, tidak heran jika POS disebut sebagai aplikasi kasir digital serba bisa karena manfaat yang diberikan begitu banyak untuk bisnis. Di mana deretan fitur lengkap ini bisa Anda peroleh ketika menggunakan Olsera. Untuk info lebih lanjut, bisa Anda cek di website olsera.com secara langsung.

(Content Promotion/Olsera)