ADVERTISEMENT

Kartu Prakerja Gelombang 25 Sudah Dibuka, Simak Cara Daftarnya

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Sabtu, 02 Apr 2022 15:00 WIB
Infografis Cara Cek Kartu Prakerja Gelombang 24
Foto: Infografis detikcom/M Fakhry Arrizal
Jakarta -

Program Kartu Prakerja gelombang 25 sudah dibuka. Dari pengumuman Instagram @prakerja.go.id dijelaskan cara-cara untuk mendaftarkan diri.

Pertama, calon peserta harus login ke dasboard prakerja.go.id. Kemudian klik 'Gabung Gelombang'.

Kemudian untuk calon peserta yang masih menemui kendala bisa memeriksa kembali prosedur pendaftaran. Misalnya foto KTP yang jernih dan tidak buram.

Lalu informasi yang dimasukkan lengkap dan teknik pengambilan gambar swafoto sudah benar. Kemudian jangan menggunakan kacamata.

"Karena kesalahan di atas akan menghambat proses pendaftaran kamu," tulis pengumuman, dikutip Sabtu (2/4/2022).

Calon peserta juga diminta untuk serius ketika mengisi data-data tersebut.

Syarat pendaftaran adalah, calon peserta harus Warga Negara Indonesia (WNI). Kemudian berusia 18 tahun dan tidak sedang menempuh pendidikan formal.

Program Kartu Prakerja adalah program pengembangan kompetensi kerja dan kewirausahaan berupa bantuan biaya yang ditujukan untuk pencari kerja, pekerja yang terkena PHK, atau pekerja yang membutuhkan peningkatan kompetensi, termasuk pelaku usaha mikro dan kecil.

Program ini didesain sebagai sebuah produk dan dikemas sedemikian rupa agar memberikan nilai bagi pengguna sekaligus memberikan nilai bagi sektor swasta.

Jalan digital melalui marketplace dipilih untuk memudahkan pengguna mencari, membandingkan, memilih dan memberi evaluasi.

Hanya dengan cara ini, produk bisa terus diperbaiki, tumbuh dan relevan. Menggandeng pelaku usaha swasta, program ini adalah wujud kerjasama pemerintah dan swasta dalam melayani masyarakat dengan semangat gotong royong demi SDM unggul, Indonesia maju.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT