ADVERTISEMENT

Penerbangan Mulai Ramai, Menhub Pede Raup PNBP Rp 8,5 T

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Senin, 04 Apr 2022 12:49 WIB
Kereta Bandara (KA) Soekarno-Hatta resmi diuji coba hari ini. Warga pun ramai-ramai menjajal kereta yang akan beroperasi secara penuh pada 1 Januari 2018 tersebut.
Foto: Ari Saputra
Jakarta -

Kementerian Perhubungan menargetkan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) mencapai Rp 8,5 triliun di tahun 2022. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi yakin target ini bisa dicapai.

"Terkait PNBP tahun ini adalah Rp 8,5 triliun dan kita optimis ini bisa dilaksanakan dengan baik," ungkap Budi Karya dalam rapat kerja Komisi V DPR, Senin (4/4/2022).

Budi Karya yakin target tercapai karena layanan penerbangan domestik sudah mulai kembali normal. Menurutnya, layanan penerbangan memiliki potensi pendapatan besar bagi negara.

Dia bilang lalu lintas penerbangan di Indonesia sudah mencapai 70-80% dari jumlah lalu lintas saat sebelum pandemi atau tahun 2019.

"Pelayanan udara juga sekarang mendekati 70-80% dari kapasitas di tahun 2019 bisa kita dapatkan. Kita akan optimalkan," kata Budi Karya.

Selain itu, dia bilang di Indonesia sedang mengalami kenaikan ekspor. Otomatis pergerakan bisnis di sektor transportasi pun bisa berjalan, dari situ Budi Karya mengatakan pihaknya akan memaksimalkan potensi pendapatan yang ada.

"Sektor tertentu terjadi kenaikan ekspor, ini menunjukkan bahwa di pelabuhan bisa ditingkatkan dan di darat harusnya juga bisa ditingkatkan," ujar Budi Karya.

Lebih lanjut dalam paparannya, sampai bulan Maret 2022, PNPB Kementerian Perhubungan sudah mencapai Rp 1,7 triliun atau sekitar 20,82% dari total target tahunan Rp 8,5 triliun.



Simak Video "Ramai Kecelakaan Bus, Menhub Bakal Introspeksi"
[Gambas:Video 20detik]
(hal/zlf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT