ADVERTISEMENT

Apa Itu Giveaway? Ini Tujuan dan Dampaknya Terhadap Bisnis

Ignacio Geordi Oswaldo - detikFinance
Senin, 04 Apr 2022 19:30 WIB
ilustrasi hadiah smartphone
Giveaway Punya Fungsi Penting dalam Sebuah Bisnis/Foto: shutterstock
Jakarta -

Ajang promosi giveaway merupakan salah satu strategi marketing yang paling sering digunakan. Bagaimana tidak, sebab kegiatan bagi-bagi hadiah kerap kali mengundang perhatian dan minat banyak orang.

Karenanya strategi marketing ini bisa menjadi senjata ampuh untuk memasarkan produk setiap pengusaha. Lantas, apa sebenarnya arti giveaway tersebut? Apa dampak giveaway terhadap bisnis? Berikut penjelasannya.

Pengertian Giveaway

Melansir dari situs Accurate.id, pada dasarnya giveaway adalah suatu kegiatan membagikan hadiah dengan beberapa persyaratan tertentu. Setiap peserta yang mengikuti giveaway harus dan wajib memenuhi setiap persyaratan yang sesuai dengan diadakannya ajang giveaway tersebut.

Adapun persyaratan yang diberikan mulai dari meramaikan suatu postingan, sampai dengan membuat tantangan tertentu sesuai dengan kebutuhan bisnis atau marketing.

Jenis-jenis Giveaway

Dalam proses pelaksanaannya, tercatat ada dua jenis giveaway yang berbeda. Jenis giveaway tersebut adalah self giveaway dan sponsor giveaway.

1. Self Giveaway

Self giveaway adalah suatu jenis giveaway yang dilakukan secara mandiri dan sendiri, mulai dari sisi promosi, ketentuan, sampai hadiah. Seluruh hal tersebut dilakukan dan diatur oleh pemberi giveaway.

Umumnya, giveaway ini dilakukan oleh para pebisnis yang memang sudah berpengalaman dan memiliki banyak konsumen dan budget marketing tertentu.

Untuk itu, jangan terkejut jika jenis giveaway ini bisa dilakukan dengan berbagai varian. Berbagai persyaratan yang ada giveaway tersebut pun berbeda-beda tergantung dengan tujuan diadakannya giveaway, seperti meminta setiap pesertanya untuk mengikuti atau follow akun media sosial, memberikan tantangan untuk mendownload atau mengupload foto tertentu di media sosial, dll.

2. Sponsor Giveaway

Jenis giveaway ini sangat cocok untuk bisnis yang ingin membuat event giveaway tertentu namun tidak ingin repot. Jadi, sponsor giveaway adalah suatu jenis giveaway yang dijalankan oleh pihak ketiga atau yang biasa disebut dengan host.

Serangkaian yang ada pada acara giveaway tersebut akan diatur oleh host, jadi pemilik bisnis hanya harus membayar jasa nya saja. Biasanya, jenis giveaway ini diselenggarakan oleh beberapa brand secara bersamaan, sehingga acara giveaway menjadi seperti suatu acara yang besar.

Jenis giveaway ini akan cocok dilakukan oleh perusahaan atau usaha yang ingin meningkatkan brand awareness ataupun engagement. Untuk itu, syarat umum pada jenis giveaway ini adalah mendapatkan partisipan sebanyak-banyaknya.

Selain itu, sponsor giveaway sangat cocok untuk mereka yang baru menjalankan online shop dengan audiens yang belum luas.

Dampak Giveaway Terhadap Bisnis

Terdapat banyak sekali manfaat atau dampak positif terhadap bisnis atau usaha yang melakukan acara giveaway, seperti:
- Meningkatkan Leads
- Meningkatkan Engagement
- Meningkatkan Brand Awareness
- Hemat Budget

Tips Mengadakan Giveaway

1. Menentukan Tujuan Giveaway

Langkah pertama yang harus dilakukan jika ingin membuat suatu acara giveaway yang menarik adalah dengan menentukan tujuan seperti meningkatkan followers, meningkatkan penjualan produk, atau ingin lebih dekat dengan setiap pelanggan.

2. Memilih Hadiah Giveaway yang Pas

Cobalah untuk memilih hadiah giveaway yang sesuai dengan tujuan giveaway dan audiens. Contohnya jika sebuah brand ingin meningkatkan leads, perusahaan bisa membagikan hadiah dari produk sendiri.

Jika banyak peserta giveaway, maka artinya produk dari brand tersebut memang diinginkan oleh banyak orang. Sehingga, perusahaan bisa mendapatkan lebih banyak leads. Selain itu, perusahaan juga akan memberikan kesempatan pada peserta untuk menggunakan produk dari hadiah giveaway yang dilakukan.

3. Menentukan Persyaratan Giveaway

Apabila persyaratan giveaway nya sedikit tapi hadiahnya banyak, makan potensi meningkatnya peserta akan semakin banyak. Tapi apakah hal tersebut sudah sesuai dengan tujuan event giveaway yang diinginkan.

Jadi, perusahaan bisa meminta setiap peserta untuk melakukan follow, like, komen, atau mention teman-temannya. Syarat tersebut sudah sesuai dengan tujuan engagement, karena akan memotivasi interaksi setiap peserta di akun media sosial perusahaan.

4. Menggunakan Hashtag

Hashtag sangat berfungsi untuk mengkategorikan suatu konten. Jadi, akan memudahkan setiap audiens untuk menemukan produk ataupun postingan terhadap suatu brand atau perusahaan.

Selain itu, hashtag juga bisa dimanfaatkan untuk menunjukkan brand ataupun kampanye promo yang perusahaan sedangkan jalankan. Untuk itu, usahakanlah untuk selalu menggunakan hashtag pada setiap event giveaway yang dilakukan.

khususnya jika tujuan giveaway tersebut adalah untuk meningkatkan nilai engagement. Berdasarkan penelitian yang dilakukan Simply Measured, hashtag bahkan mampu meningkatkan engagement pada suatu postingan hingga 12,6%.

5. Mengumumkan Pemenang Giveaway

Di akhir acara giveaway, pihak penyelenggara harus mengumumkan siapa saja pemenang dari giveaway tersebut. Bentuk platform pengumuman yang ideal adalah platform yang sama saat memulai event.

Tapi untuk suatu bisnis perusahaan, informasi tersebut akan lebih baik juga diinformasikan di website resmi. Tujuannya adalah demi menghindari adanya upaya penipuan pihak lain.

Contoh Giveaway

Contoh paling dekat adalah seperti yang sempat dilakukan oleh detikcom sendiri. Sebelumnya detikcom pernah memberikan sejumlah giveaway seperti bagi-bagi handphone untuk anak pertama.

(fdl/fdl)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT