ADVERTISEMENT

Taliban Larang Panen Bunga Poppy Penghasil Opium di Afganistan!

Dana Aditiasari - detikFinance
Senin, 04 Apr 2022 13:17 WIB
Taliban dilaporkan melarang warga Afghanistan membudidayakan tanaman poppy. Pasalnya tanaman itu kerap digunakan sebagai bahan baku pembuatan opium dan heroin.
Foto: AP Photo
Jakarta -

Taliban yang kini berkuasa di Afganistan mengumumkan larangan produksi opium di seluruh negeri.

Pengumuman yang disampaikan pada Minggu (3/4) waktu setempat itu disampaikan kala para petani di negeri tersebut mulai memanen bunga poppy. Itu adalah bunga merah cerah yang mengandung opium dan digunakan untuk bahan baku membuat heroin.

Dalam pengumuman tersebut, para petani diberi peringatan bahwa tanaman mereka akan dimusnahkan dan mereka bisa dipenjara bila nekat melanjutkan panen.

Mengutip japantoday, Senin (4/4/2022), larangan produksi opium sebenarnya bukan baru kali pertama dilakukan. Pada akhir tahun 1990-an, Taliban pernah menerapkan gerakan berbasis agama yang melarang produksi opium.

Kala itu, larangan produksi opium itu diterapkan mati-matian hingga mendapat pengakuan dari PBB yang memverifikasi bahwa produksi opium telah diberantas di sebagian besar wilayah negeri tersebut.

Namun, ketika Taliban digulingkan pada tahun 2001, para petani di banyak wilayah negara tersebut kembali menanam opium. Tak tanggung-tanggung, mereka bahkan sampai mengalihfungsikan lahan yang semula ditanami gandum.

Kenapa petani sampai nekat beralih dari gandum ke opium? Buka halaman selanjutnya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT