ADVERTISEMENT

Elon Musk Borong 9,2% Saham Twitter, Nilainya Rp 41 T

Aulia Damayanti - detikFinance
Senin, 04 Apr 2022 20:44 WIB
Elon Musk Berencana Buat Robot Humanoid untuk Mengerjakan Tugas Membosankan
Foto: DW (SoftNews)
Jakarta -

Bos produsen mobil listrik Tesla Inc (TSLA.O), Elon Musk dikabarkan memborong 9,2% saham Twitter. Dalam sebuah pengajuan Elon Musk membeli 73,5 juta saham Twitter.

Mengutip dari Reuters, Senin (4/4/2022) Saham itu diperkirakan bernilai US$ 2,9 miliar atau setara Rp 41,5 triliun. Pembelian itu menjadikan Musk pemegang saham terbesar perusahaan itu.

Saham tersebut dipegang oleh Elon Musk Revocable Trust, di mana dia adalah satu-satunya wali amanat. Berkat transaksi itu, saham Twitter naik 23%.

Saham perusahaan media sosial lainnya, termasuk Meta Platforms (FB.O) dan pemilik Snapchat Snap Inc (SNAP.N), juga diperdagangkan lebih tinggi karena berita tersebut.

Musk sendiri merupakan seorang yang aktif menggunakan Twitter. Dia memiliki lebih dari 80 juta pengikut sejak bergabung dengan situs tersebut pada tahun 2009.

Dia telah menggunakan platform tersebut untuk membuat beberapa pengumuman, termasuk sebagian kesepakatan go-private untuk Tesla.

Namun, akhir-akhir ini dia mengkritik platform media sosial dan kebijakannya. Dia mengatakan media sosial telah merusak demokrasi dengan gagal mematuhi prinsip kebebasan berbicara.

Terkait saham, Musk memang telah menjual sahamnya di Tesla sejak November, ketika dia mengatakan akan melepas 10% kepemilikannya di pembuat mobil listrik. Dia telah menjual saham senilai US$ 16,4 miliar sejak saat itu.

(dna/dna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT