Apa Itu Afiliasi? Ini Penjelasan dan Cara Kerjanya

Kholida Qothrunnada - detikFinance
Selasa, 05 Apr 2022 14:01 WIB
Co-Founder dan Chief Marketing Officer, tiket.com Gaery Undarsa, sedang menikmati matahari pagi di kawasan jalan Jendral Sudirman, Jumat (25/3/2022). Terhitung tanggal 24 Maret, tiket.com gelar OTW (Online Tiket Week).
Ilustrasi Afiliasi/Foto: Grandyos Zafna
Jakarta -

Afiliasi adalah istilah yang ada dalam dunia marketing. Apa itu artinya afiliasi? Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), arti afiliasi adalah bentuk kerja sama atau hubungan antara anggota maupun cabang. Biasanya perusahaan atau pihak yang satu lebih besar daripada yang lain, tetapi masing-masing berdiri sendiri.

Arti afiliasi adalah model pemasaran yang memberikan kesempatan, kepada pihak luar untuk bergabung menjadi bagian dari sebuah bisnis, dengan ikut serta dalam menjual dan memasarkan suatu produk atau jasa.

Affiliate adalah pihak pemasar yang melakukan kegiatan afiliasi. Affiliate marketing adalah menyebarkan tanggung jawab dari pemasaran produk ke semua pihak. Ada tiga pihak yang mendukung efektivitas pemasaran dalam afiliasi marketing, yaitu penjual dan pembuat produk, penerbit, dan konsumen.

Jadi, ketika affiliate marketing mempromosikan suatu produk pihak lain (perusahaan/perorangan), lalu kita berhasil menjual produk tersebut, nantinya kita akan mendapatkan komisi penjualan, begitu seperti dikutip dari buku berajuk 'Panduan Affiliate Marketing untuk Pemula' oleh Jefferly Helianthusonfri.

Cara Kerja Afiliasi

Dikutip dari buku 'Bisnis Online: Bisnis Daring dan Pemasaran' karya Windu Mahmud, S.Pd., M.Eng., berikut adalah cara kerja afiliasi:

1. Mendaftar terlebih dahulu sebagai affiliate pada merchant atau vendor (bisa penjual atau pemilik produk yang membuka program afiliasi atau jaringan pengelola program afiliasi).

2. Affiliate mencari produk yang baik dan bermutu untuk dipasarkan.

3. Setelah mendapatkan persetujuan untuk memasarkan produk yang dipilih, affiliate akan mendapatkan link atau URL berupa kode afiliasi . Selanjutnya, kode tersebut akan digunakan dalam promosi yang dipasang pada link di website atau pribadi milik kita.

4. Pengunjung datang ke website dan melihat ada produk apa saja yang ditawarkan. Jika pengunjung tertarik pada produk dan mengklik Ling tadi maka pengunjung aku kan dibawa ke website merchant.

5. Kunjungan pengunjung tadi akan dicatat oleh cookie (istilah dari kumpulan informasi rekam jejak dan aktivitas ketika menelusuri sebuah website), bahwa dia berasal dari website kita sebagai affiliate dengan kode tertentu.

6. Apabila pengunjung tadi jadi membeli produk maka alat proses transaksi akan bekerja, dengan mengirimkan uang ke merchant dan sebagian ke affiliate sesuai presentasi yang sudah diatur.

Keuntungan Afiliasi

Dilansir dari laman investopedia, pemasaran afiliasi bisa menghasilkan keuntungan berupa imbalan besar, bagi perusahaan periklanan dan pemasar afiliasi. Perusahaan akan mendapat keuntungan dari iklan berbiaya rendah dan upaya pemasaran kreatif dari affiliate.

Pengembalian investasi untuk pemasaran afiliasi sangat lah tinggi, karena perusahaan hanya membayar traffic yang dikonversi menjadi penjualan.

Adapun kelebihan afiliasi adalah sebagai berikut:

  • Akses ke pasar yang lebih luas
  • Akuntansi prospek yang berkualitas lebih baik
  • Iklan berbiaya rendah

Nah, itu tadi penjelasan arti afiliasi lengkap dengan cara kerja, dan keuntungannya.

Simak juga Video: Sosok Herawati Diah yang Menghiasi Ilustrasi Google Doodle

[Gambas:Video 20detik]




(fdl/fdl)