Jokowi Larang Menteri Bicara Tunda Pemilu, Siapa Saja yang Pernah?

Tim detikcom - detikFinance
Rabu, 06 Apr 2022 13:24 WIB
Ilustrasi usulan penundaan Pemilu 2024.
Ilustrasi Usulan Penundaan Pemilu 2024 (Foto: Edi Wahyono/detikcom)
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan larangan kepada para para menterinya berbicara soal penundaan Pemilu dan perpanjangan masa jabatan presiden. Arahan disampaikan ke para menterinya.

Jokowi meminta para menteri tidak membuat polemik di masyarakat. Larangan itu termasuk soal polemik penundaan Pemilu dan perpanjangan masa jabatan presiden.

"Jangan menimbulkan polemik di masyarakat, fokus pada bekerja dalam penanganan kesulitan yang kita hadapi," kata Jokowi dalam Sidang Kabinet Paripurna yang diikuti para menteri.

Arahan Jokowi ditayangkan di Youtube Sekretariat Presiden, Rabu (6/4/2022).

"Jangan sampai ada lagi yang menyuarakan lagi mengenai urusan penundaan, urusan perpanjangan. Ndak," tegasnya lagi.

Lantas, siapa saja menteri yang pernah menyinggung soal penundaan pemilu dan perpanjangan masa jabatan presiden?

Tim redaksi merangkaumnya dari catatan pemberitaan detikcom. Ada sejumlah nama menteri yang tercatat pernah menyinggung atau menyuarakan perihal penundaan pemilu dan perpanjangan masa jabatan presiden, antara lain:

Bahlil Lahadalia

Sosok pertama yang terbilang cukup vokal menyuarakan ide perpanjangan masa jabatan presiden adalah Menteri Investasi/Kepala BKPM, Bahlil Lahadalia.

Bahlil mengklaim rata-rata para pelaku usaha setuju jika pemilihan presiden 2024 ditunda pelaksanaannya. Bahlil menyebut saat ini mereka baru bangkit usai babak belur akibat pandemi Covid-19.

Itu diamini oleh politikus Senior PDIP Hendrawan Supratikno. Ia mengatakan kronologi usulan itu berawal dari unsur pemerintah, yakni Menteri Investasi Bahlil Lahadalia.

"Kita lihat kronologinya saja. Yang pertama melontarkan Bahlil yang merupakan unsur pemerintah. Baru kemudian disambut tiga petinggi parpol (PKB, Golkar, dan PAN). Sekarang bola di tengah lagi," kata dia kepada wartawan, Selasa (1/3/2022) silam.

Siapa lagi sosok lainnya? Buka halaman selanjutnya.

Simak Video 'Larangan Jokowi Agar Menteri Tak Bahas Perpanjangan Masa Jabatan Presiden':

[Gambas:Video 20detik]