Penulis Komik Doraemon Meninggal, Ini Profil Perusahaan Penerbitnya

ADVERTISEMENT

Penulis Komik Doraemon Meninggal, Ini Profil Perusahaan Penerbitnya

Aldiansyah Nurrahman - detikFinance
Kamis, 07 Apr 2022 19:20 WIB
Doraemon: Great Adventure in the Antarctic
Foto: imdb
Jakarta -

Penggemar komik Doraemon sedang berduka. Pencipta Doraemon Fujiko A Fujio telah berpulang.

Kepergian komikus pencipta kucing robot itu meninggal di usia 88 tahun. Hal itu dibenarkan Kepolisian Tokyo yang mengatakan Fujiko meninggal di kediamannya.

Doraemon adalah karya komik yang fenomenal. Terbukti, berawal dari komik, Doreamon juga merambah ke serial animasi, film layar lebar, hingga mainan atau action figure.

Pencapaian Doraemon itu tidak terlepas dari usaha penerbit komik Doraemon, Shogakukan Inc yang memang terkenal mampu melahirkan karya hebat, sebut saja Detective Conan.

Melansir situs Shogakukan, dijelaskan perusahaan penerbitan ini pertama kali didirikan pada 8 Agustus 1922. Ketika itu Shogakukan merupakan penerbit yang khusus menerbitkan majalah pendidikan untuk anak-anak sekolah dasar dan guru di Jepang.

Selama bertahun-tahun, Shogakukan secara bertahap memperluas skala dan jangkauan publikasinya untuk memenuhi berbagai kebutuhan pembacanya dari kelompok usia dan demografi yang berbeda.

Saat ini, Shogakukan adalah salah satu penerbit komik dan publikasi lainnya seperti kamus dan ensiklopedia yang ternama di Jepang.

Dari laman Shagakukan Asia dituliskan perusahaan ini telah memperluas bisnisnya ke luar negeri, yakni di Amerika Serikat, Perancis, China, dan Taiwan.

Selain itu, dengan melihat pertumbuhan bisnis yang bagus di negara-negara Asia, pada 18 September 2013, Shogakukan Asia Pte Ltd didirikan di Singapura. Tujuannya untuk memimpin ekspansi bisnis di Asia Tenggara.

Shogakukan Asia percaya dengan menawarkan konsep edutaiment atau bisa dibilang mengedukasi dengan menghibur, karyanya akan cocok dengan pembaca muda. Shogakukan Asia juga berharap dapat meningkatkan minat dan pengetahuan melalui seni dan budaya yang ada di komik maupaun publikasi Shogakukan lainnya.

(das/das)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT