ADVERTISEMENT

Pendaftaran Mudik Gratis Dibuka Minggu Depan! Tujuan Jabar dan Jateng

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Jumat, 08 Apr 2022 11:04 WIB
Pemudik arus balik padati Stasiun Pasar Senen usai larangan mudik Lebaran berakhir. Mereka yang sebelumnya mudik ke kampung halaman kini kembali ke perantauan.
Foto: Pradita Utama
Jakarta -

Masyarakat sudah kembali diperbolehkan untuk mudik tahun ini. Mudik gratis pun kembali disiapkan bagi masyarakat oleh Kementerian Perhubungan.

Dirjen Perhubungan Darat Budi Setiyadi mengatakan mudik gratis disiapkan agar masyarakat mengurangi penggunaan sepeda motor untuk mudik.

"Di tahun sekarang sebagaimana arahan pak Menteri Perhubungan dan kampanye tanpa sepeda motor, kami diminta siapkan mudik gratis bagi masyarakat yang mau mudik dan bagi para pengguna sepeda motor," ungkap Budi Setiyadi dalam konferensi pers virtual, Jumat (8/4/2022).

Kementerian Perhubungan menyiapkan anggaran sebesar Rp 10 miliar untuk program ini. Budi menyatakan kemungkinan akan ada 10 ribu orang pemudik yang bisa diangkut secara gratis tahun ini.

Dia mengatakan pendaftaran akan dimulai minggu depan. Tujuan mudik gratis tahun ini akan menuju kota-kota di Jawa Barat hingga Jawa Tengah.

"Pendaftaran mulai minggu depan, tujuannya ke Jawa Barat dan Jawa Tengah, sebagian besar ke kota yang ada di Jawa Tengah," papar Budi.

Bukan cuma mudik gratis, Kementerian Perhubungan juga menyiapkan pengangkutan motor gratis dengan kereta api. Hal ini diungkapkan oleh Dirjen Perkeretaapian Zulfikri.

"Angkutan motor gratis dengan kereta api kita siapkan, nanti dalam waktu dekat kami sampaikan seberapa besar kuotanya yang akan kami layani," ungkap Zulfikri dalam acara yang sama.

Sistemnya, pemotor diwajibkan untuk membeli tiket kereta api namun pengangkutan sepeda motor akan diberikan gratis sesuai dengan tujuan mudiknya.

"Tiket keretanya tetap berbayar, cuma motornya diangkut secara gratis. Dulu saat normal cukup banyak peminatnya," kata Zulfikri.

Simak Video 'Kemenhub Sediakan Gerbong Khusus Motor Bagi Pemudik, Gratis!':

[Gambas:Video 20detik]



(hal/zlf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT