Cara Cek Penerima BPNT dan PKH yang Bakal Dapat BLT Minyak Goreng Rp 300.000

Ignacio Geordi Oswaldo - detikFinance
Jumat, 08 Apr 2022 13:35 WIB
Masuk Cekbansos.kemensos.go.id Buat Cek Penerima PKH
Cara Cek Penerima BPNT dan PKH/Foto: Grandyos Zafna
Jakarta -

Informasi terkait cara cek penerima BPNT dan PKH penting untuk diketahui masyarakat. Sebab mereka yang terdaftar di sini nantinya akan menjadi penerima BLT Minyak Goreng senilai Rp 300 ribu.

Sebagai informasi, menanggapi tingginya harga minyak goreng, Presiden Joko Widodo mengumumkan pemerintah akan memberikan bantuan langsung tunai (BLT) minyak goreng untuk keluarga hingga pedagang kaki lima (PKL).

Dijelaskan bahwa nilai bantuan yang diberikan sebesar Rp 100.000/bulan. Bantuan ini akan diberikan untuk bulan April, Mei dan Juni dengan skema pencairannya akan diberikan dimuka pada April ini, sekaligus untuk tiga bulan sebesar Rp 300.000.

Untuk cek peneriman BPNT dan PKH yang berhak menerima BLT Minyak Goreng senilai Rp 300 ribu, masyarakat dapat secara langsung mengakses situs cekbansos.kemensos.go.id.

Melalui situs ini masyarakat dapat melihat daftar penerima BPNT dan PKH sesuai dengan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) dan sesuai kategori penerima menurut Kementerian Sosial.

Berikut cara cek penerima BPNT dan PKH:

1. Kunjungi website https://cekbansos.kemensos.go.id
2. Isi data provinsi, kabupaten/kota, kecamatan, dan desa tempat Anda tinggal
3. Ketik nama Anda sesuai KTP
4. Masukkan 4 huruf kode yang tertera dalam kotak kode
5. Jika tidak jelas huruf kode, klik kotak kode tersebut untuk mendapatkan kode baru
6. Lalu klik tombol cari

Demikian cara cek penerima BPNT dan PKH. Sebagai catatan, sistem cek bansos Kemensos akan mencari nama penerima manfaat sesuai dengan DTKS. Jadi bila nama penerima manfaat belum terdaftar dalam DTKS, maka bansos tidak dapat diberikan.

(fdl/fdl)