ADVERTISEMENT

Mau Mudik ke Sumatera Lewat Darat? Cek Nih Simulasi Biayanya

Aldiansyah Nurrahman - detikFinance
Minggu, 10 Apr 2022 09:39 WIB
Pemudik asal Sumatera mulai memadati Pelabuhan Merak, Banten. Kendaraan dan penumpang pejalan kaki berduyun-duyun berlabuh di Pelabuhan Merak.
Foto: M Iqbal
Jakarta -

Sudah menjadi tradisi saat Lebaran tiba umat muslim berkumpul bersama keluarga besar. Meski jaraknya jauh hingga perlu menyeberangi pulau sekalipun merayakan Idul Fitri bersama sanak saudara sudah menjadi tradisi yang harus dilakukan.

Pulang kampung atau mudik akan dilakukan agar bisa bersilaturahmi dengan keluarga besar. Pada momentum ini, jalan tol kerap dipilih sebagai alternatif melakukan perjalanan mudik.

Ada banyak tempat yang menjadi tujuan para pemudik, di antara yang dituju adalah Palembang dan Medan yang terletak di Sumatera.

Bagi Anda para pemudik yang ingin ke Palembang atau Medan dari Jakarta bisa menggunakan kendaraan golongan satu, yaitu sedan, jip, pick up atau truk kecil, dan bus.

Melansir laman Badan Pengelola Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Sabtu (9/4/2022), rute yang pertama kali pemudik harus ambil adalah ruas tol Jakarta - Tangerang dengan tarif Rp 7.000, ambil pintu keluar gerbang tol Cikupa. Dilanjutkan dengan mengakses tol Tangerang-Merak dengan tarif Rp 44.000.

Setelah itu, pemudik perlu menyeberang dengan menggunakan kapal feri menuju Pelabuhan Bakauheni untuk sampai ke Sumatera. Pemudik bisa menggunakan kapal feri milik PT ASDP Indonesia Ferry (Persero). Dari situs ASDP, diketahui biaya untuk kendaraan sedan penumpang yang masuk ke golongan 4a dikenakan biaya Rp 419 ribu.

Begitu tiba di Pelabuhan Bakauheni, perjalanan dilanjutkan ke tol Bakauheni-Terbanggi Besar dengan biaya Rp 111 ribu dan masuk ke tol Kayu Agung-Palembang dengan tarif Rp 50.000.

Nah, pemudik sudah sampai ke Palembang. Total biaya yang perlu pemudik keluarkan dari Jakarta menuju Palembang sebesar Rp 631 ribu.

Bagaimana bila ke daerah lain? Baca halaman berikutnya

Lalu, jika ingin ke Medan, pemudik bisa melanjutkannya dengan melewati jalan non tol hingga mencapai jalan tol Pekanbaru-Dumai. Di tol ini, diperlukan biaya Rp 118.500. Selanjutnya pemudik kembali menyusuri jalan raya non tol sebelum sampai ke ruas tol Tebing Tinggi-Medan yang tarifnya Rp 55.500.

Dengan demikian, total biaya yang perlu pemudik keluarkan untuk tol dan kapal feri dengan kendaraan sedan dari Jakarta menuju Medan sebesar Rp 805 ribu. Biaya ini juga belum memperhitungkan biaya bensin dari Jakarta ke Medan.

Sebagai catatan, harga ini bisa menjadi lebih besar jika pemudik menggunakan kendaraan lain, meski menggunakan jalur yang sama.

Pemudik perlu memastikan saldo uang elektronik atau e-toll cukup supaya perjalanan mudik lebih aman dan lancar.

Tarif tol dan kapal feri mudik dari Jakarta-Palembang:
1. Jakarta-Tangerang: Rp 7.000
2. Tangerang-Merak: Rp 44.000
3. Kapal feri: Rp 419 ribu
4. Bakauheni-Terbanggi Besar: Rp 111 ribu
5. Kayu Agung-Palembang: Rp50.000

Tarif tol dan kapal feri mudik dari Jakarta-Medan:
1. Jakarta-Tangerang: Rp 7.000
2. Tangerang-Merak: Rp 44.000
3. Kapal feri: Rp 419 ribu
4. Bakauheni-Terbanggi Besar: Rp 111 ribu
5. Kayu Agung-Palembang: Rp 50.000
6. Pekanbaru-Dumai: Rp 118.500
7. Tebing Tinggi-Medan: Rp 55.500



Simak Video "Kendaraan Menumpuk di GT Cikatama, 26 Gardu Pembayaran Dibuka"
[Gambas:Video 20detik]
(zlf/zlf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT