Perusahaan Ini Lagi Kekurangan Sopir Truk, Gajinya Rp 1,5 Miliar Setahun

ADVERTISEMENT

Perusahaan Ini Lagi Kekurangan Sopir Truk, Gajinya Rp 1,5 Miliar Setahun

Kholida Qothrunnada - detikFinance
Minggu, 10 Apr 2022 12:05 WIB
Kebijakan pembebasan angkutan bermuatan berlebih atau Zero Over Dimension Over Load (ODOL) ditunda. Penundaan peraturan itu diberikan maksimal hingga tahun 2022
Foto: Pradita Utama
Jakarta -

Walmart menaikkan gaji untuk pengemudi truk jarak jauh, di mana pekerjaan itu adalah pekerjaan yang semakin sulit untuk diisi oleh perusahaan. Walmart adalah salah satu raksasa jaringan ritel Amerika Serikat (AS), yang menjalankan armada truknya sendiri.

Dikutip dari CNN, Minggu (10/4/2022), Walmart mengatakan pihaknya menaikkan gaji rata-rata untuk pengemudi tahun pertama dari sekitar US$ 88.000 atau setara Rp 1,25 miliar (kurs Rp 14.300) menjadi US$ 95.000 atau setara Rp 1,35 miliar hingga US$ 110.000 atau Rp 1,57 miliar per tahun.

Walmart membutuhkan pengemudi untuk mengirimkan barang ke toko, gudang e-commerce, serta untuk memenuhi permintaan pesanan online pelanggan yang terus meningkat. Walmart juga telah menambahkan lebih dari 4.500 pengemudi tahun lalu. Hal itu merupakan rekor perekrutan untuk perusahaan, yang mempekerjakan sekitar 12.000 pengemudi truk.

Juru bicara Walmart mengatakan, penambahan gaji pengemudi itu diharapkan bisa membantu untuk memenuhi permintaan yang tinggi.

"Membantu kami terus merekrut secara agresif untuk memenuhi permintaan tinggi sepanjang masa dari pelanggan," kata juru bicara Walmart.

Kekurangan pengemudi truk selama pandemi telah memberikan tekanan rantai pasokan Walmart. Sementara, 70% angkutan barang AS bergerak dengan truk. Omzet tinggi pekerjaan di industri truk itu, terkenal dengan jam kerja yang panjang yang juga menuntut fisik.

Menurut data Biro Statistik Tenaga Kerja, pada tahun 2020, bayaran rata-rata pada pengemudi truk berat dan traktor-trailer adalah US$ 47.000 atau setara Rp 672 juta.



Simak Video "Tegur Pengendara Terobos Macet, Sopir Pikap di Palembang Ditempeleng"
[Gambas:Video 20detik]
(zlf/zlf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT