Kabar Baik! Honorer Nakes Jadi Prioritas Rekrutmen 'PNS' 2022

Anisa Indraini - detikFinance
Senin, 11 Apr 2022 11:50 WIB
Asian doctor holding checking coronavirus or covid-19 infected patient name list sheet in quarantine area in hospital
Foto: Getty Images/iStockphoto/tuachanwatthana
Jakarta -

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) memprioritaskan rekrutmen 2022 untuk pegawai honorer setara PNS alias Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) bagi tenaga kesehatan (nakes). Dalam hal ini Kementerian Kesehatan diberi kesempatan untuk menetapkan formasi secara nasional.

Deputi Sumber Daya Manusia Kemenpan-RB Alex Denni mengatakan tahun 2023 diharapkan sudah tidak ada lagi tenaga honorer. Oleh karena itu perlu diberikan kesempatan terlebih dahulu bagi mereka.

"Ini memang tenaga kesehatan masuk menjadi salah satu prioritas kami untuk rekrutmen 2022 ini," kata Alex dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Komisi IX DPR RI, Senin (11/4/2022).

Persoalan tenaga kesehatan disebut bukan hanya menyangkut kuantitas dan kualitas, tetapi juga distribusi antar daerah yang tidak merata. Oleh karena itu, difokuskan pemenuhan dan pemerataan tenaga kesehatan sesuai target RPJMN 2024 dan transformasi sistem kesehatan, serta mendorong implementasi PP Nomor 49 Tahun 2018 tentang Manajemen PPPK.

Dalam kesempatan yang sama, Kementerian Kesehatan menyebut tenaga kesehatan non-ASN saat ini berjumlah 213.249 orang dengan rincian mulai dari perawat, bidan, dokter, ahli gizi dan lain-lain. Mereka saat ini ditempatkan di Puskesmas, RSUD, Laboratorium Kesehatan Daerah, serta Dinas Kesehatan Provinsi Kabupaten/Kota.

Dari jumlah itu, disebutkan bahwa masih ada kekurangan tenaga kesehatan sebanyak 114.402 orang.

"Hasil perhitungan kebutuhan nakes di fasilitas kesehatan terutama di Puskesmas dan Rumah Sakit tentunya dapat berubah jika masing-masing fasilitas di daerah menghitung secara teratur kebutuhan berdasarkan analisis kerja yang ada," kata Direktur Jenderal Tenaga Kesehatan Kementerian Kesehatan Arianti Anaya.



Simak Video "Bakal Dihapus, Honorer Ciamis Gelar Aksi Damai ke Pemda Minta Dukungan"
[Gambas:Video 20detik]
(aid/zlf)