Apa Itu Franchise? Ini Penjelasan, Jenis, Contoh, dan Cara Kerja Bisnisnya

ADVERTISEMENT

Apa Itu Franchise? Ini Penjelasan, Jenis, Contoh, dan Cara Kerja Bisnisnya

Kholida Qothrunnada - detikFinance
Senin, 11 Apr 2022 15:59 WIB
fried chicken , And crispy spicy foods
Foto: Istock
Jakarta -

Franchise adalah sistem atau metode bisnis, yang kini mulai marak diterapkan di Indonesia. Awalnya, sistem franchise ini berkembang di Amerika, kemudian seiring dengan perkembangan dunia bisnis akhirnya masuk ke Indonesia.

Arti franchise adalah konsep pemasaran untuk memperluas usaha secara cepat, begitu seperti dikutip buku 'Top Bisnis Franchise 10 Juta' karya Dewangga Sugiarto.

Dalam Bahasa Indonesia, franchise sering disebut waralaba. Pihak utama yang harus ada dalam menjalankan bisnis franchise adalah franchisor dan franchisee. Pihak pemberi franchise adalah franchisor. Franchisor bertindak sebagai pemberi waralaba, sedangkan franchisee bertindak sebagai penerima waralaba.

Apa itu franchise? Menurut Asosiasi Franchise Indonesia (AFI), waralaba adalah suatu sistem pendistribusian barang atau jasa kepada pelanggan akhir, di mana pemilik merek akan memberikan hak kepada individu atau perusahaan untuk melaksanakan bisnis dengan merek, nama, sistem prosedur, dan cara-cara yang telah ditetapkan sebelumnya dalam jangka waktu dan meliputi area tertentu.

Sederhananya, arti franchise adalah menduplikasi kesuksesan suatu usaha, kepada pihak lain.

Jenis Franchise

Jenis franchise berdasarkan jenis usaha:

- Otomotif

- Kursus dan pendidikan

- Hiburan

- Fast food dan bakery

- Health center

- Hotel

- Laundry

- Properti dan real estate

- Kafe dan restoran

- Tour dan travel

- Retail, outlet dan mini mart

Jenis franchise berdasarkan kriteria yang ditawarkan:

- Franchise produk

- Franchise jasa

- Franchise gabungan

Jenis franchise berdasarkan jumlah usaha yang berhak dimiliki

- Single unit franchise

- Area franchise

- Master franchise

Contoh Franchise

Contoh franchise yang terkenal adalah seperti perusahaan franchise McDonald's, KFC, Dunkin' Donuts, Pizza Hut, dan masih banyak lagi.

Apa saja franchise di Indonesia? Berikut adalah beberapa contohnya dari beberapa bidang usaha:

  • Indomaret
  • Alfamart
  • Alfamidi
  • J&T Express
  • SiCepat
  • JNE Express
  • Ninja Express
  • Geprek Bensu
  • Kebab Baba Rafi
  • Kopi Lain Hati
  • Kopi Kulo
  • Chatime
  • Xi Bo Ba
  • es teh
  • Teh Poci, dan lain-lain.

Skema Bisnis Franchise

Skema atau cara kerja bisnis franchise waralaba di Indonesia, diatur dalam peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 42 tahun 2007. Franchise bisa beroperasi karena memiliki ciri khas usaha, demikian dikutip dari buku 'Pengelolaan Bisnis' oleh Aris Purwantinah, S.Pd.

Artinya, suatu usaha yang dimiliki memiliki keunggulan atau perbedaan yang tidak mudah ditiru dengan usaha lainnya yang sejenis. Misalnya sistem manajemen, cara penjualan, pelayanan dan sebagainya.

Cara kerja franchise adalah memiliki standar atas pelayanan barang atau jasa, yang dibuat secara tertulis. Hal itu dilakukan supaya penerima waralaba dapat melaksanakan usaha dalam kerangka kerja yang jelas dan sama.

Cara kerja bisnis franchise itu mudah diajarkan dan diaplikasikan. Sehingga, penerima waralaba yang belum memiliki pengetahuan dan pengalaman mengenai usaha sejenis, dapat melakukan kegiatan bahasa dengan baik dengan bimbingan operasional yang berkesinambungan.

Keuntungan Franchise

Apa keuntungan dari franchise? Dikutip dari buku 'Jitu Membeli Franchise' oleh Hendry E. Ramdhan, berapa keuntungan franchise adalah diantaranya sebagai berikut:

Pihak yang melakukan franchise akan menjadi seorang pemilik bisnis, bukan sekedar bekerja dalam bisnis franchise yang dibeli.

Menjadi pintu masuk yang mudah, untuk memulai suatu bisnis dibidang yang disukai.

Bisnis franchise telah memiliki merek dagang yang dikenal luas, sehingga mempermudah konsumen untuk mengenal produk atau jasa yang ditawarkan di lokasi manapun.

Bisnis franchise meningkatkan peluang keberhasilan dalam berbisnis karena banyak terbukti memiliki produk atau jasa unggulan dari sistem yang teruji.

Dapat menawarkan konsumen suatu kualitas dan konsistensi produk atau layanan, sesuai dengan standar yang ditetapkan franchisor.

Memungkinkan mendapat bantuan start-up atau persiapan pembukaan outlet yang umumnya, meliputi pemilihan lokasi, desain, renovasi tempat, training karyawan, pengadaan peralatan, perlengkapan yang dibutuhkan, serta program opening gerai.

Setelah pembukaan franchise pemilik akan mendapat bantuan hubungan yang berkesinambungan, baik dalam hal training, promosi nasional, bantuan operasional, dan bantuan manajemen lain yang diperlukan.

Demikian pengertian arti franchise. Detikers, jadi paham kan franchise itu artinya apa?

(fdl/fdl)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT