Marak Impor Baja dan Tekstil, Luhut: Mematikan Industri Kita!

ADVERTISEMENT

Marak Impor Baja dan Tekstil, Luhut: Mematikan Industri Kita!

Trio Hamdani - detikFinance
Senin, 11 Apr 2022 18:42 WIB
luhut binsar
Foto: Ardian Fanani
Jakarta -

Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi (Menkomarinves) Luhut Binsar Pandjaitan mengakui di Indonesia masih marak impor baja dan tekstil. Hal itu menurutnya dapat mematikan industri dalam negeri.

Padahal barang-barang tersebut sudah ada yang diproduksi di dalam negeri sehingga menurut Luhut impor semacam itu sebenarnya tidak diperlukan.

"Tadi kita lihat tekstil ternyata masih banyak sekali impornya mematikan nanti industri tekstil kita, tadi baja masih banyak impor mematikan nanti industri baja kita yang tidak perlu, padahal kita sudah produksi," kata dia dalam Business Matching Tahap II di Smesco, Jakarta, Senin (11/4/2022).

Mantan Menkopolhukam itu menjelaskan bahwa melalui sistem yang terdigitalisasi akan ketahuan siapa saja yang melakukan impor barang-barang dari luar negeri.

"Nah tadi karena dengan sistem digital ini semua ketahuan dan siapa yang membuat itu kita tahu, tadi kita sudah ngerti siapa ini semua lakukan ini," sebutnya.

Bukan hanya itu, digitalisasi, dijelaskan Luhut akan dapat meminimalisir praktik korupsi. Sebab, digitalisasi akan menciptakan transparansi.

"Dengan digitalisasi nanti korupsi pun akan kurang karena orang mau korupsi bagaimana? semua angkanya itu akan transparan," tambahnya.



Simak Video "Luhut Ngobrol dengan Rocky Gerung soal Ambisi Jadi Presiden"
[Gambas:Video 20detik]
(toy/das)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT