Komisi VI-Kemendag Temukan Minyak Goreng Curah di Atas Rp 14.000/Liter

ADVERTISEMENT

Komisi VI-Kemendag Temukan Minyak Goreng Curah di Atas Rp 14.000/Liter

Aulia Damayanti - detikFinance
Selasa, 12 Apr 2022 14:19 WIB
Komisi VI-Kemendag Temukan Minyak Goreng Curah di Atas Rp 14.000/Liter
Foto: Dok. Kemendag
Jakarta -

Kementerian Perdagangan bersama Anggota Komisi VI DPR RI melakukan operasi pasar di Pasar Cibinong, Bogor, Jawa Barat. Wakil Ketua Komisi VI Mohamed Hekal mengungkap masih menemukan harga minyak goreng curah di atas Rp 14.000 per liter.

"Memang yang kita temukan masih ada harga minyak goreng curah belum Rp 14.000/liter sebagaimana kita harapkan," ucapnya, dalam konferensi pers di Pasar Cibinong, Selasa (12/4/2022).

Selain itu, harga daging sapi juga disebut masih tinggi dan diperkirakan semakin mahal menjelang Lebaran. Sementara harga telur Rp 24.000/kg disebut masih terjangkau, sebab harga di kelas peternak Rp 21.000/kg.

"Ini insyaallah kita jaga kepentingan masyarakat kita peternak, konsumen agar tidak terlalu mahal," jelasnya.

Kemudian, karena harga kedelai yang tinggi, tempe dan tahu ditemukan masih mahal. Hekal meyakini hal ini terjadi memang karena harga kedelai yang mahal.

Oleh sebab itu, dia meminta kepada Kementerian Perdagangan yang bertanggung jawab atas kebijakan pangan di Indonesia bisa mengatasi hal ini. Hekal juga menyebut untuk pihak lainnya seperti Badan Pangan Nasional hingga Satgas Pangan agar ikut mengawasi permasalahan tersebut.

"Untuk pangan dengan bahan baku berbasis impor seperti kedelai, jadi tahu tempe harganya sedikit kemahalan. Maka kita minta tolong untuk dipikirkan dari segi kebijakan dari Kemendag, Badan Pangan Nasional, dan nanti pelaksanaan pengawasan dari Bareskim Polri oleh Satgas Pangannya," ungkapnya.

Dalam agenda operasi pasar di Pasar Cibinong Bogor ini, Kementerian Perdagangan dan Komisi VI DPR RI melibatkan Badan Pangan Nasional, Satgas Pangan, ID Food, hingga Perum Bulog. Agenda ini dilakukan untuk mengecek stok pangan di pasar.

(ara/ara)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT