Menpan-RB Wanti-wanti ASN: Tidak Perlu Open House & Acara Bukber

Fadhly Fauzi Rachman - detikFinance
Kamis, 14 Apr 2022 20:36 WIB
Cuti Nataru Tetap Tak Boleh Bagi ASN, Dengar Kata Pak Menteri!
Foto: Vadhia Lidyana/detikcom: MenPAN-RB Tjahjo Kumolo
Jakarta -

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Tjahjo Kumolo menyampaikan pesan penting bagi ASN (Aparaturan Sipil Negara). ASN di sini adalah para Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan Pegawai dengan Perjanjian Kerja (PPKK).

Pesan Tjahjo tersebut adalah arahan langsung dari Presiden Joko Widodo (Jokowi). Apa isi pesannya?

"Sudah ada arahan dan perintah Presiden, ASN tidak perlu open house dan acara buka puasa bersama," ujar Tjahjo kepada detikcom, Kamis (14/4/2022).

Menguatkan pesan Tjahjo tersebut, sebelumnya telah dikeluarkan Surat Sekretaris Kabinet, Pramono Anung tentang Arahan Presiden untuk momen Ramadan.

Surat tersebut dikeluarkan pada 24 Maret 2022. Berikut isi lengkapnya:

Menindaklanjuti Arahan Presiden pada tanggal 23 Maret 2022, bersama ini dengan hormat disampaikan hal-hal sebagai berikut

1. Penanganan pandemi Covid-19 saat ini menunjukkan keadaan yang semakin membaik, namun tetap diperlukan kehati-hatian dan kewaspadaan.

2. Agar tetap tidak melaksanakan kegiatan Buka Puasa Bersama dan Open House pada bulan suci Ramadan dan Hari Idulfitri 1443 H.

Demikian disampaikan agar Saudara mematuhi Arahan Presiden dimaksud dan meneruskan kepada seluruh pegawai di instansi masing-masing.

(hns/hns)