RI Disasar Perusahaan Pembayaran Jepang, Waspada 'Invasi' Kartu Kredit!

Fadhly Fauzi Rachman - detikFinance
Jumat, 15 Apr 2022 16:58 WIB
Pinjam Online
Foto: Ilustrasi Fintech (Tim Infografis: Andhika Akbarayansyah)
Jakarta -

JCB Co., Ltd. merek pembayaran internasional asal Jepang tengah membidik perluasan kemitraan dengan perusahaan teknologi finansial atau fintech yang ada di Indonesia.

Presiden Direktur JCB Indonesia Takumi Takahashi mengatakan perluasan kemitraan di Asia Tenggara merupakan salah satu fokus perusahaan dalam membidik pertumbuhan pasar kartu kredit di kawasan ASEAN.

Terkait hal itu, JCB menilai Indonesia adalah salah satu negara di Asia Tenggara yang memiliki potensi sangat strategis dengan pertumbuhan transaksi nontunai yang sangat cepat.

"Masyarakat ASEAN memiliki pandangan yang positif tentang Jepang dan sebaliknya. Maka dari itu, kami percaya JCB, sebagai perusahaan Jepang, dapat memberikan kontribusi nilai yang signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi di kawasan Asia Tenggara," katanya dalam keterangan tertulis, Jumat (15/4/2022).

Untuk memperkuat layanannya di kawasan Asia Tenggara, JCB juga mendirikan ASEAN Business Enhancement and Creation Department di Singapura pada Juni 2021 untuk menciptakan kesempatan-kesempatan bisnis baru.

"Hingga kini, JCB menggunakan citra merek Jepang untuk mengembangkan keanggotaan dan jaringan merchantnya. Kami berencana tidak hanya untuk lebih memperkuat konten "Jepang" kami untuk menarik pelanggan kami di Indonesia, tetapi juga untuk menciptakan keunggulan lebih lanjut melalui fungsi ASEAN Business Enchancement and Creation Department," tambah Takumi.

Pada Januari lalu, JCB juga telah berinvestasi pada Soft Space - perusahaan financial technology Malaysia yang menyediakan perangkat Tap on Mobile sebagai salah satu lini bisnis barunya di ASEAN.

Investasi sekitar US$5 juta pada Soft Space memberikan kesempatan kepada JCB mendapat lisensi untuk mengeluarkan kartu dan mengakuisisi merchant di Malaysia. Perangkat Tap on Mobile ini pun dalam waktu dekat akan segera tersambung dengan kartu kredit bisnis JCB.

Menyusul kemitraan dengan Soft Space Malaysia, JCB berharap dapat segera beraliansi dengan mitra dan perusahan lain di Indonesia, bahkan Vietnam, Filipina, dan Thailand dalam waktu dekat.

(fdl/dna)