Top! 50.000 Teknopreneur Bakal Lahir dari SMK

Ardan Adhi Chandra - detikFinance
Jumat, 15 Apr 2022 20:30 WIB
Kesalahan Bisnis Online
Foto: Fuad Hasim/Tim Infografis
Jakarta -

Dalam memggerakkan perekonomian nasional, peran wirausaha menjadi penting. PT Tera Data Indonusa (TDI) berkomitmen mendorong peningkatan angka wirausaha di Indonesia khususnya Teknopreneur melalui program Sentra Digital SMK.

TDI menargetkan kerja sama melalui penandatanganan sebanyak 1.000 SMK. Harapannya dari 1 SMK dapat melahirkan 50 entrepreneur di bidang IT, sehingga bisa menciptakan 50.000 Teknopreneur dari program Sentra Digital ini.

Pada Kamis (7/4), TDI telah memulai rangkaian program ini yang dimulai dengan mengadakan seminar dan workshop bagi 100 SMK di Probolinggo, Jawa Timur. Kegiatan ini mendapatkan antusiasme yang positif, terlihat dari jumlah peserta mencapai 400 orang serta didukung oleh pemerintah setempat. Acara serupa juga akan kembali diadakan pada Kamis (14/4) di Malang, Jawa Timur.

TDI merupakan perusahaan IT brand laptop Axioo mencermati kondisi kebutuhan akan talenta muda berkompeten di Indonesia. Program sentra ini menjadi sebuah wadah yang mumpuni bagi siswa/i yang ingin mengasah kemampuan menjadi seorang teknopreneur.

Seremoni peluncuran program Sentra Digital SMK ditandai dengan kegiatan Penandatanganan MOU Axioo Class Program dengan SMK Se-Kota dan Kabupaten Probolinggo yang dihadiri oleh Umayya selaku GM Retail Sales PT Tera Data Indonusa beserta Timmy Timotius Theopelus selaku Education Program Director Axioo dan dihadiri juga oleh Walikota Probolinggo serta jajaran kepala dinas kota & Kabupaten, Kepala Cabang Dinas SMK Probolinggo serta Bapak-Ibu Kepala Sekolah SMK di Probolinggo pada Selasa (12/4).

"Peran teknologi dalam kehidupan sehari-hari tidak dapat dilepaskan, sebagai salah satu perusahaan yang bergerak dalam bidang teknologi. TDI terus berusaha menghadirkan aksi nyata bagi perkembangan teknologi di Indonesia. Kehadiran program Sentra Digital SMK merupakan bentuk respon kami untuk mengasah talenta generasi muda Indonesia untuk siap membuka usaha sendiri dibidang teknologi digital," ujar Umayya dalam keterangannya, Jumat (15/4/2022).

Saat ini telah berdiri Axioo Sentra Digital SMK pertama yaitu SMK Pertiwi Kuningan, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, selaku SMK Rujukan Nasional Utama Axioo Class Program untuk Indonesia. Program ini terbukti telah mendukung terciptanya SMK pencetak wirausaha.

Pemerintah Indonesia melalui berbagai kementerian turut serta menggalakan program-program pengembangan potensi diri khususnya bagi pendidikan vokasi. Ada pun kementerian yang mendukung program pelatihan ini adalah Kementerian Ketenagakerjaan.

Bersambung ke halaman selanjutnya.