Simak! Deretan, Syarat dan Cara Daftar Mudik Gratis 2022

ADVERTISEMENT

Simak! Deretan, Syarat dan Cara Daftar Mudik Gratis 2022

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Minggu, 17 Apr 2022 07:02 WIB
Poster
Foto: Edi Wahyono
Jakarta -

Gelombang mudik mulai akan terjadi dalam beberapa hari lagi. Kementerian Perhubungan menggelar mudik gratis demi mengurangi penumpukan dan angka kecelakaan di jalan.

Dirjen Perhubungan Darat Budi Setiyadi mengatakan mudik gratis disiapkan agar masyarakat mengurangi penggunaan sepeda motor

"Di tahun sekarang sebagaimana arahan pak Menteri Perhubungan dan kampanye tanpa sepeda motor, kami diminta siapkan mudik gratis bagi masyarakat yang mau mudik dan bagi para pengguna sepeda motor," ungkap Budi Setiyadi dalam konferensi pers virtual, Jumat (8/4/2022).

Bagi yang berminat ikut mudik gratis Kemenhub, berikut informasi seputar cara daftar, rute mudik, hingga syarat mudik gratis


Pendaftaran Dibuka Minggu Depan

Kementerian Perhubungan menyiapkan anggaran sebesar Rp 10 miliar untuk program ini. Budi menyatakan kemungkinan akan ada 10 ribu lebih orang pemudik yang bisa diangkut secara gratis tahun ini.

Dia mengatakan pendaftaran akan dimulai minggu depan. Pendaftaran bisa dilakukan secara online melalui website www.mudikhubdat2022.com.

"Pendaftaran mulai minggu depan, tujuannya sebagian besar ke kota yang ada di Jawa Tengah," papar Budi.

Jadwalnya, kemungkinan mudik gratis yang dikoordinir Ditjen Perhubungan Darat akan mulai berangkat mulai tanggal 27-29 April 2022.

Cara Daftar Mudik Gratis

Bagi masyarakat yang akan mendaftar mudik gratis dapat mengakses laman www.mudikhubdat2022.com dan mendaftar secara daring.

Selama pendaftaran dan proses keberangkatan peserta mudik gratis ini wajib mengunduh dan menggunakan aplikasi PeduliLindungi. Bagi calon pemudik yang tidak mempunyai smartphone maka dapat membawa bukti kartu vaksin dan booster.

Berikut ini caranya:
1. Akses website www.mudikhubdat2022.com
2. Melakukan login dan isi data diri lengkap
3. Melakukan verifikasi dan validasi sistem
4. Mengunduh dan cetak QR e-tiket peserta mudik
5. Membawa QR e-tiket beserta data pendukung lainnya (KTP, Kartu Keluarga/KK, Bukti Vaksin) ke lokasi registrasi untuk mendapatkan nomor bus
6. Berangkat sesuai dengan lokasi pemberangkatan dan tujuan sesuai nomor bus

Rute Mudik Gratis

Rute yang sudah pasti dibuka adalah menuju kota-kota yang ada di Jawa Tengah. Bakal ada 14 kota tujuan mudik gratis, yaitu:
1. Tegal
2. Semarang
3. Demak
4. Kudus
5. Boyolali
6. Solo
7. Klaten
8. Wonogiri
9. Wonosari
10. Yogyakarta
11. Magelang
12. Wonosobo
13. Kebumen
14. Purwokerto

Halaman selanjutnya mengulas soal syarat mudik gratis, kuota, dan arus balik. Langsung klik



Simak Video "Persiapan Mudik Lebaran 2023, Kakorlantas Cek Jalur Pansela"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT