OPEC: Pengertian, Sejarah, Tujuan, dan Syarat Menjadi Anggota

Kholida Qothrunnada - detikFinance
Senin, 18 Apr 2022 17:31 WIB
60 Tahun OPEC: Dulu Ditakuti Barat, Sekarang Hampir Sekarat
60 Tahun OPEC: Dulu Ditakuti Barat, Sekarang Hampir Sekarat/Foto: DW (News)
Jakarta -

Organization of the Petroleum Exporting Countries atau OPEC adalah sebuah organisasi dari negara-negara pengekspor minyak bumi. OPEC didirikan pada 14 September 1961 di Baghdad, Irak, demikian dikutip dari Modul Sejarah Kemdikbud Kelas XII yang disusun oleh Slamet Dumadi.

Pada tahun 1962, Indonesia sempat bergabung dengan OPEC. Namun, pada Mei 2008 Indonesia mengumumkan keluar dari OPEC.

Mengapa Indonesia tidak lagi menjadi anggota OPEC? karena Indonesia sudah menjadi importir minyak sejak 2003 atau net importir dan tidak mampu untuk memenuhi kuota produksi yang menjadi ketetapan.

Tetapi, setelah melakukan rapat, Indonesia hanya ditangguhkan dari keanggotaan OPEC. Indonesia kembali masuk menjadi anggota secara resmi pada tahun 2014 diikuti dengan terpilihnya Joko Widodo sebagai presiden yang baru.

Namun, pada tanggal 30 November 2016, Indonesia kembali keluar dari keanggotaan OPEC. Hal ini merupakan efek kebijakan OPEC, yang menurunkan produksi minyak Indonesia sebanyak 37.000 barel perhari untuk menghentikan penurunan harga minyak dunia.

Sejarah OPEC

Negara pendiri OPEC adalah Irak, Iran, Kuwait, Arab Saudi, dan Venezuela. Venezuela adalah negara yang pertama menjadi pelopor pembentukan organisasi OPEC dengan mendekati Iran, Gabon, Libya, Kuwait dan Saudi Arabia di tahun 1949.

Negara Gabon pada tahun 1973 bergabung dengan OPEC, dengan statusnya menjadi associate member. Markas OPEC pada awalnya bertempat di Jenewa, sejak 21 Januari 1961 hingga Agustus 1966. Kemudian dipindah ke Wina, Austria.

Awalnya, pembentukan OPEC berupaya mempertahankan harga minyak dan menolak aksi penurunan harga minyak secara sepihak. Penurunan harga sepihak itu oleh perusahaan minyak terbesar yang disebut The Seven Mayor milik Exxon, Texaco, Socal, Gulf, British Petroleum, hingga Shell.

Perusahaan raksasa minyak itu berasal dari negara-negara maju, seperti Amerika Serikat, Inggris, Jerman Barat, dan Jepang.

Tujuan OPEC

Tujuan OPEC adalah menegosiasikan masalah-masalah mengenai produksi harga dan hak konsesi minyak bumi, dengan perusahaan-perusahaan minyak di dunia.

Tujuan OPEC berupaya secara bersama-sama, untuk menentukan kebijakan harga dan jumlah produksi dari minyak bumi yang dipasarkan dunia.

Negara Anggota OPEC

Negara-negara anggota OPEC adalah sebagai berikut:

  • Irak
  • Iran
  • Kuwait
  • Arab Saudi
  • Venezuela
  • Aljazair
  • Angola
  • Libya
  • Nigeria
  • Qatar
  • Uni Emirat Arab
  • Ekuador

Syarat Menjadi Anggota OPEC

Adapun syarat negara untuk menjadi anggota OPEC adalah sebagai berikut:

Negara yang bersangkutan secara substansi adalah negara pengekspor minyak mentah.

Secara fundamental negara itu harus memiliki keperluan yang sama dengan negara-negara (yang telah menjadi) anggota.

Disetujui oleh mayoritas anggota OPEC.

Nah, itu tadi pengertian OPEC hingga syarat menjadi negara anggota OPEC. Sekarang, detikers paham kan apa arti dari OPEC?

(fdl/fdl)