Ini 3 Fakta Perusahaan di Balik Hadirnya Kinder Joy di RI

Aulia Damayanti - detikFinance
Senin, 18 Apr 2022 19:00 WIB
1.

Ini 3 Fakta Perusahaan di Balik Hadirnya Kinder Joy di RI

Ini 3 Fakta Perusahaan di Balik Hadirnya Kinder Joy di RI
Ini 3 Fakta Perusahaan di Balik Kinder Joy di RI/Foto: Vidya Pinandhita/detikHealth
Jakarta -

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menarik sementara merek camilan Kinder Joy di pasaran. Keputusan ini menjadi buntut adanya dugaan bakteri Salmonella dalam produk tersebut.

Berikut tiga fakta perusahaan di balik Kinder Joy di Indonesia:

1. Tidak Diproduksi di Indonesia

Kinder Joy merupakan produk dari perusahaan Ferrero asal Italia. Saat ini pabrik dari perusahaan itu sudah tersebar berbagai negara.

Berdasarkan keterangan dari BPOM, merek Kinder Joy Indonesia ada yang terdaftar dan tidak. Untuk yang terdaftar merupakan buatan atau produksi Ferrero yang ada di India yakni Ferrero PLT LTD. Merek yang dihasilkan dari produksi India, Kinder Joy, Kinder Joy for Boys, dan Kinder Joy for Girls.

Sementara yang tidak terdaftar merupakan buatan Ferrero N.V/S.A d Belgia. BPOM mencatat merek yang tidak terdaftar di BPOM yakni Kinder Surprise kemasan tunggal 20 gram dan kemasan isi 3 @ 20 gram, Kinder Surprise kemasan 100 gram, Kinder Mini Eggs kemasan 75 gram, Kinder Egg Hunt Kit kemasan 150 gram, dan Kinder Schokobons kemasan 200 gram.

Berdasarkan keterangan itu, artinya produk Kinder Joy memang tidak dibuat di Indonesia. Tidak ada pabrik khusus memproduksi camilan itu.

Untuk merek Kinder yang terdaftar akan dilakukan random sampling dan pengujian di seluruh wilayah Indonesia. Oleh sebab itu, semua produk Kinder ditarik sementara oleh BPOM.

"Badan POM akan menghentikan peredaran produk merek Kinder untuk sementara waktu, sampai dipastikan produk tersebut tidak mengandung cemaran bakteri Salmonella. Badan POM mengawal dan memastikan penghentian peredaran tersebut dilakukan sesuai dengan prosedur yang berlaku," lanjut rilis BPOM.

Kinder Joy diimpor. Berlanjut ke halaman berikutnya.