Kampus Kini Tempat Lahirnya Startup, Ini Salah Satunya

Tim detikcom - detikFinance
Senin, 18 Apr 2022 23:35 WIB
UI Investment & Startup Forum
Foto: Dok. PT UI Advisory
Jakarta -

PT UI Advisory, perusahaan di bidang investment advisroy dari Universitas Indonesia menggelar UI Investment & Startup Forum. Agenda ini merupakan rangkaian acara proses grooming start up yang rencananya grooming/ inkubasi ini berlangsung selama setahun k edepan.

Rangkaian kegiatan diawali dengan webinar dan penjurian startup dari mahasiswa/alumni UI binaan UI Advisory dan DISTP. Acara diselenggarakan oleh UI Advisory berkolaborasi dengan UI Corpora, DKS UI, DPPU UI dan DISTP UI.

Kegiatan berlangsung secara daring dan luring, dilakukan dalam 3 tahap. Dimulai 7 April 2022 dalam rangka memperingati hari Kesehatan sedunia. Tahap pertama webinar produk inovasi fakultas di UI pada 7-8 April 2022.

Tahap kedua berupa presentation pitchdeck dan due diligence pada 9-12 April 2022 dan tahap ketiga puncak acara Kamis 14 April 2022 bertempat di Balai Sidang Universitas Indonesia Depok.

Rektor Universitas Indonesia Ari Kuncoro dalam pidatonya menyampaikan para Startup tentunya memerlukan coaching, mentoring yang kontinyu terkait pengelolaan perusahaan. Baik terkait membentuk tim manajemen, pemahaman diferensiasi produk, desain aplikasi yang menarik pengguna, strategi membesarkan network.

Selanjutnya terkait IT yang aman dan andal, pembukuan yang terpercaya, pengelolaan transaksi nasabah, dan cashflow optimal serta struktur legalitas perusahaan yang kuat hingga membantu strategi atas pencapaian target pendanaan berikutnya, serta mencarikan partner investasi yang strategis serta tata kelola startup yang baik.

"Harapan kami terhadap para venture capital agar membantu negara menjadi pusat pengembangan start up di level Asia Tenggara, dengan ukuran unicorn adalah mimpi kita bersama, mengingat penduduk Indonesia mencapai 270 juta," ujar Ari Kuncoro dalam keterangan tertulis, Senin (18/4/2022)

"Harapan kami agar para venture capital membantu para anak muda, untuk investasi di startup dalam rangka membantu para startup berkreasi dalam mimpi, eksekusi dan mengelola menjadi besar. Membangun UI dan membantu start up adalah membangun negeri. Agar masyarakat termasuk startup dan venture capital membantu kita semua menjadi tuan rumah di negeri sendiri," sambung Ari.

Halaman selanjutnya pandangan dari Menkes hingga Bos BPJS Kesehatan. Langsung klik