Tunggangan Mudik Ala 'Sultan', dari Helikopter hingga Kereta Mewah

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Selasa, 19 Apr 2022 11:01 WIB
1.

Tunggangan Mudik Ala 'Sultan', dari Helikopter hingga Kereta Mewah

Tunggangan Mudik Ala Sultan, dari Helikopter hingga Kereta Mewah
Foto: Dok. Instagram/keretaapikita
Jakarta -

Mudik telah menjadi semacam budaya yang dilakukan tiap tahun saat Hari Raya Idul Fitri. Saat mudik, masyarakat yang mencari nafkah atau sudah tinggal di kota akan balik ke kampung halaman untuk silaturahmi.

Banyak moda transportasi yang bisa dimanfaatkan untuk mudik ke kampung halaman, dari motor, mobil, kereta, pesawat hingga kapal. Biaya moda transportasi pun beragam, ada yang murah, sedang hingga mahal.

Moda transportasi yang mahal biasanya dimanfaatkan oleh orang-orang yang punya duit lebih alias orang kaya. Lalu, apa saja moda transportasi para 'sultan' ini? Berikut daftarnya seperti dirangkum detikcom:

1. Kereta

PT Kereta Api Pariwisata menyediakan kereta sultan untuk melayani masyarakat yang ingin mudik. Kereta yang tersedia terdiri dari beberapa tipe dan ditawarkan dengan pola charter atau sewa dan perorangan.

Kapasitas penumpang kereta ini sekitar 20 hingga 40 orang. Sementara, tarif untuk pola charter mencapai puluhan juta.

Adapun fasilitasnya yakni ruang khusus/VIP di stasiun keberangkatan, pelayanan dengan kru khusus yakni captain crew, pramugara/i dan on trip cleaning, serta sajian makan minum sesuai dengan relasi perjalanan kereta wisata.

Tak cuma itu, ada juga hiburan berupa audio video kereta yang membuat pengguna bisa karaoke maupun nonton film. Lalu, ada juga free wifi.