Kolom

Menjaga Kesehatan Laut dengan Ekonomi Biru

Sakti Wahyu Trenggono - detikFinance
Selasa, 19 Apr 2022 12:39 WIB
Sakti Wahyu Trenggono
Foto: Dok. Istimewa
Jakarta -

Sebagai negara kepulauan terbesar di dunia, Indonesia memiliki peran strategis dalam mengurangi dampak perubahan iklim serta memenuhi kebutuhan pangan global dari komoditas perikanan.

Hal yang menjadi tantangan, bagaimana menjamin laut tetap sehat agar peran strategis itu bisa dijalankan lebih optimal untuk kemasalahatan makhluk hidup di bumi sekaligus memacu pertumbuhan ekonomi.

Kita sadari bahwa kondisi lautan sedang tidak baik-baik saja. Pencemaran akibat limbah rumah tangga maupun industri, masifnya pembangunan yang tidak sesuai ketentuan di wilayah pesisir serta pulau-pulau kecil, penangkapan ikan berlebihan, hingga penggunaan alat tangkap tidak ramah lingkungan menjadi deretan penyebab menurunnya kesehatan laut Indonesia.

Meski menjadi korban, laut merupakan harapan kehidupan. Laut dengan keanekaragaman biota di dalamnya mampu menyerap karbon dioksida penyebab utama pemanasan global. Termasuk di dalamnya terumbu karang, padang lamun, dan hutan mangrove.

Dengan demikian, semakin luas laut semakin besar perannya dalam mengurangi dampak perubahan iklim. Dengan catatan, laut tersebut sehat. Sebab kemampuan menyerap karbon tidak hanya bergantung pada luasan, tapi juga kesehatan laut itu sendiri.

Laut juga memiliki peranan krusial sebagai sumber pangan, tempat mencari nafkah bagi masyarakat pesisir, tempat berwisata, hingga menjadi jalur transportasi.

Besarnya harapan pada laut, mengharuskan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) terus berusaha melahirkan terobosan-terobosan dalam menjamin laut tetap sehat. Kesehatan ekosistem laut pun menjadi tujuan utama KKP dalam mewujudkan ekonomi kelautan berkelanjutan berbasis ekonomi biru.

Menurut Bank Dunia, ekonomi biru adalah "pemanfaatan sumber daya laut yang berwawasan lingkungan untuk mendukung pertumbuhan ekonomi, kesejahteraan, dan mata pencaharian sekaligus pelestarian ekosistem laut". Ada berbagai sektor yang termasuk di dalamnya, seperti perikanan, energi terbarukan, pariwisata, transportasi air, pengelolaan limbah, dan mitigasi perubahan iklim. Jika dikelola dengan konsep berkelanjutan, maka tiap sektor mampu membantu mewujudkan Indonesia yang sejahtera.

Lanjut ke halaman berikutnya



Simak Video "KPK Minta Istri Pejabat KKP Ingatkan Suami Agar Tak Korupsi"
[Gambas:Video 20detik]