Ternyata Ini Alasan Finlandia Sering Jadi Negara Paling Bahagia di Dunia

Ignacio Geordi Oswaldo - detikFinance
Selasa, 19 Apr 2022 19:30 WIB
Di Saint Petersburg, Rusia, tepatnya di Teluk Finlandia ada kapal layar berwarna merah menyala dengan latar belakang bulan sabit berwarna senada yang romantis.
Finlandia/Foto: AP/Dmitri Lovetsky
Jakarta -

Dari sekian banyak negara di dunia, Finlandia dinobatkan sebagai negara yang paling bahagia sedunia. Hal ini sebagaimana yang dilaporkan dalam laporan World Happiness Report 2021 lalu.

Ternyata, ini bukan pertama kali bagi Finlandia untuk menduduki urutan pertama sebagai negara paling bahagia sedunia. Sudah empat tahun berturut-turut Finlandia mengalahkan 148 negara lain di daftar negara paling bahagia di dunia.

Dikutip dari Helsinki Times, ada beberapa alasan kenapa Finlandia menjadi negara paling bahagia di dunia. Mulai dari cara hidup yang santai, tingkat kejahatan yang rendah hingga sistem pendidikan yang adil.

Alasan pertama adalah memiliki cara hidup yang santai. Dibandingkan dengan negara barat, orang Finlandia cenderung hidup lebih santai. Budaya Finlandia juga sangat hangat dan berfokus pada kerjasama, bukan kompetisi. Masyarakat di sana juga tidak terlalu peduli dengan cara negara lain untuk hidup.

Jam kerja di Finlandia juga cenderung lebih sedikit, 9 atau 5 jam saja. Mengutip dari Study Internasional, dengan jam kerja yang lebih sedikit diyakini para pekerja lebih produktif.

Kemudian, yang paling terkenal sistem pendidikan di Finlandia. Sekolah-sekolah Finlandia mendapat peringkat tinggi dalam Program for International Student Assessment (PISA) untuk mata pelajaran dan keterampilan utama.

Finlandia tidak memiliki tes standar, misalnya seperti suatu ujian nasional yang menjadi standar kelulusan. Ada satu-satunya ujian yang ada hanya Ujian Matrikulasi Nasional. Tes itu juga tes sukarela untuk siswa di akhir sekolah menengah atas.

Dikutip dari weform.org, untuk jam belajar di sekolah juga cenderung lebih sedikit, hanya dari jam 9.00 atau 9.45 hingga jam 14.00 atau 14.45 waktu Finlandia. Pemerintah Finlandia percaya jika siswa belajar terlalu pagi, misalnya jam 6 atau jam 8 pagi mereka akan cenderung lebih ngantuk dan tidak semangat.

Lalu, salah satu ukuran penting dalam World Happiness Report, adalah seberapa aman perasaan orang di negara tersebut. Finlandia memiliki tingkat kejahatannya yang rendah. Dari tingkat kejahatan yang rendah ini masyarakat merasa aman, tenteram, dan bahagia.

Kemudian, tingkat kesetaraan di Finlandia lebih baik dari negara lainnya. Semua orang di sana, tidak pernah memandang bagaimana latar belakang sosial dan ekonomi orang lain.

Finlandia memiliki warga dengan kelas menengah yang sangat besar, dan sangat sedikit kemiskinan. Orang kaya di Finlandia cenderung malu menunjukkan kekayaan mereka. Orang terkaya di Finlandia mungkin mengendarai Volvo tua atau paling banyak Mercedes sedikit lebih mahal, tetapi jarang menggunakan Lamborghini.

Bahkan orang-orang miskin akan mendapatkan pendidikan dan perawatan kesehatan terbaik, dan tidak seorang pun perlu menjadi pengemis.

Terakhir, selain benefit dalam bentuk kebijakan ternyata Finlandia memiliki pemandangan alam yang indah. Finlandia termasuk negara yang banyak memiliki hutan hingga danau sebening kristal.

Banyak yang percaya bahwa keindahan alam juga menjadikan alasan orang merasa bahagia. Tidak heran orang-orang di Finlandia sangat positif dan menjadi paling bahagia di dunia.

(fdl/fdl)