ADVERTISEMENT

Apa itu influencer? Ini Arti, Tugas, Jenis, dan Contohnya

Kholida Qothrunnada - detikFinance
Selasa, 19 Apr 2022 14:25 WIB
Erika Carlina, influencer dan model
Foto: dok. Pribadi/Salah Satu Influencer Erika Carlina
Jakarta -

Influencer adalah istilah yang saat ini tidak asing lagi dalam telinga masyarakat, khususnya dalam dunia digital. Influencer adalah seorang dengan jumlah followers atau pengikut banyak, yang memiliki pengaruh besar kepada audience.

Digital influence adalah kemampuan untuk mempengaruhi, merubah opini, dan perilaku secara online. Sederhananya, arti influencer adalah mereka yang memiliki pengaruh di sosial media, demikian dikutip dari 'Buku Ajar E-Commerce' oleh Vera Selvina, dkk.

Dalam marketing, arti Influencer adalah salah satu strategi pemasaran.Tugas influencer adalah untuk mempengaruhi, merubah opini, dan merubah perilaku audiencenya melalui online, dengan karakter Influencer itu sendiri.

Dalam melakukan tugasnya, Influencer biasanya akan mendapatkan promosi dengan endorsement. Endorsement atau endorse adalah bentuk iklan atau promosi yang dilakukan oleh public figure, termasuk influencer.

Manfaat influencer dalam bisnis adalah untuk meningkatkan brand awareness, dan penjualan sesuai dengan target yang ditentukkan oleh perusahaan yang mengajaknya bekerja sama.

Jenis Influencer

Dikutip dari buku bertajuk 'UMKM Digital Era New Normal' karya Musnaini, dkk., di dunia pemasaran digital, secara umum berikut adalah jenis-jenis influencer:

Jenis Influencer Berdasarkan Jumlah Followers

Influencer Mikro

Influencer mikro adalah seseorang yang memiliki jumlah followers sekitar 10 ribu orang, atau bahkan di bawah itu. Influencer mikro efektif digunakan untuk promosi produk.

Kekuatan influencer mikro adalah keterikatan (engagement) dengan followersnya. Dengan memahami followersnya, seorang influencer mikro mampu membuat konten yang lebih relevan dengan followersnya.

Influencer Makro

Influencer makro adalah influencer yang memiliki lebih dari 100 ribu followers. Biasanya, influencer makro adalah seorang yang dikenal luas, walaupun belum seterkenal kalangan selebritis.

Dengan jumlah followersnya, influencer makro berpotensial untuk mempromosikan produk ke lebih banyak orang. Selain itu, dengan menggunakan influencer makro bisa membuat produk atau brand akan terlihat eksklusif.

Contoh influencer makro adalah @alodita, @suciutami, @ridwanhr dan masih banyak lagi.

Influencer Premium

Influencer premium adalah top influencer dengan jumlah followers paling banyak. Influencer premium adalah influencer yang memiliki jutaan followers.

Persentase pembelian produk dari rekomendasi influencer premium mungkin tidak sebesar influencer lain, namun masih tetap menjanjikan. Alasanya, jangkauan pesan dari influencer premium sangat luas.

Contoh influencer premium adalah @raffinagita1717, @princessyahrini, @ayutingting92 dan lain-lain.

2. Jenis Influencer Berdasarkan Media yang Digunakan

Selebgram

Selebritis Instagram atau Selebgram adalah public figure yang menggunakan media sosial Instagram sebagai media promosi produk. Selebgram akan memanfaatkan kepopuleran mereka untuk melakukan promosi atas kerja sama dengan brand dari suatu perusahaan. Contoh Selebgram di Indonesia adalah Rachel Venya, Awkarin, Fadil Jaidi, dan masih banyak lagi.

YouTuber

YouTuber adalah orang yang mengunggah video ke YouTuber tentang suatu informasi, termasuk informasi produk. Peran YouTuber cukup signifikan, karena lebih dari 90% pengguna internet mengenal produk baru melalui YouTube. Bekerja sama dengan YouTuber yang memiliki pengikut yang banyak, tentu akan berpotensi menarik perhatian masyarakat pada produk. Contoh YouTuber di Indonesia adalah Atta Halilintar, Deddy Corbuzier, Ria Ricis dan masih banyak lagi.

Blogger

Blogger adalah seorang yang memiliki dan mengelola sebuah blog. Tidak sedikit blog yang digunakan untuk melakukan review, tentang suatu produk dengan berbagai fokus reviewnya. Ketika Blogger merekomendasikan suatu produk, tentu akan menarik pembacanya untuk mencoba produk tersebut. Contoh Blogger di Indonesia adalah Sonia Eryka dan Julia Marius (anakjajan.com).


Nah, itu tadi pengertian influencer, jenis-jenisnya serta contoh influencer di Indonesia. Sekarang detikers tahu kan arti atau definisi influencer dan contohnya?

KW:

(fdl/fdl)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT