Jadi Siapa Mafia Minyak Goreng, Pak Mendag?

Aulia Damayanti - detikFinance
Rabu, 20 Apr 2022 14:32 WIB
Menteri Perdagangan M Lutfi.
Menteri Perdagangan M Lutfi/Foto: Jauh Hari Wawan S/detikJateng
Jakarta -

Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri Kementerian Perdagangan Indrasari Wisnu Wardhana ditetapkan tersangka oleh Kejaksaan Agung (Kejagung). Indrasari bersama tiga tersangka lainnya dari swasta terjerat kasus dugaan korupsi pemberian fasilitas ekspor CPO.

Merespon atas pengumuman Kejaksaan Agung tersebut, Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi telah buka suara. Dia mengatakan pihaknya yakni Kementerian Perdagangan tetap dan terus mendukung proses hukum yang dilakukan Kejaksaan Agung terkait dugaan gratifikasi atau suap pemberian izin penerbitan ekspor (PE) minyak goreng.

"Kementerian Perdagangan mendukung proses hukum yang tengah berjalan saat ini. Kementerian Perdagangan juga siap untuk selalu memberikan informasi yang diperlukan dalam proses penegakan hukum," tegas Lutfi dalam keterangannya kemarin, dikutip Rabu (20/4/2022).

Jika melihat ke belakang, Lutfi pernah mengatakan telah memiliki nama calon tersangka mafia minyak goreng. Dia juga pernah berjanji akan diumumkan nama-nama tersebut oleh pihak Kepolisian.

Keterangan Lutfi disampaikan pada saat Kementerian Perdagangan rapat kerja dengan Komisi VI DPR RI pada Maret lalu, tepatnya Kamis (17/3). Mafia di sini terkait permasalahan langka dan mahalnya minyak goreng sejak akhir 2021.

Ironinya, informasi yang disampaikan Lutfi kala itu didapat dari Dirjen Perdagangan Luar Negeri Indrasari Wisnu Wardhana yang kini menjadi tersangka kasus dugaan korupsi pemberian fasilitas ekspor CPO.

Ada momen saat Indrasari membisikkan kepada Lutfi soal akan diumumkannya tersangka mafia minyak goreng. Lantas kemudian Lutfi menyampaikannya kepada Anggota Komisi VI DPR RI.

"Jadi Pak Ketua saya baru dikasih tahu oleh Pak Dirjen Perdagangan Luar Negeri hari Senin sudah ada calon tersangkanya," kata Lutfi kepada Anggota Komisi VI DPR RI setelah mendapat bisikan dari Indrasari.

Modus mafia minyak goreng berlanjut ke halaman berikutnya.

Simak Video 'Permainan Migor di Kemendag Terkuak, Jokowi: Usut Tuntas!':

[Gambas:Video 20detik]