Buruh Buka Opsi Pinjam Stadion Kebanggaan Anies untuk Aksi 14 Mei

Trio Hamdani - detikFinance
Rabu, 20 Apr 2022 15:53 WIB
PT Jakarta Propertindo (JakPro) mengungkap progres pembangunan Jakarta International Stadium (JIS). Pembangunan stadion tersebut telah mencapai 98%.
Foto: Rifkianto Nugroho
Jakarta -

Ratusan ribu buruh akan merayakan Hari Buruh Internasional atau May Day pada 14 Mei mendatang. Menurut Presiden Konferensi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal, perayaan May Day rencananya akan dilaksanakan antara di Istora Senayan atau Jakarta International Stadium (JIS).

Said menjelaskan pada 1 Mei ada 300 buruh yang akan memperingati Hari Buruh di kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Bundaran Hotel Indonesia (HI). Kemudian yang digelar pada 14 Mei merupakan kelanjutan dari peringatan Hari Buruh.

"100.000 lebih buruh se-Jabodetabek akan melakukan aksi di DPR-RI, kemudian selanjutnya akan ke Istora Senayan atau Jakarta International Stadium untuk merayakan perayaan May Day," katanya dalam konferensi pers virtual, Rabu (20/4/2022).

Semula perayaan Hari Buruh akan dilaksanakan di Gelora Bung Karno (GBK). Namun saat ini di GBK sedang ada renovasi atau pemeliharaan. Oleh karena itu, alternatifnya antara Jakarta International Stadium di Jakarta Utara atau Istora Senayan.

"Pada tanggal 14 Mei 2022, Partai Buruh bersama elemen-elemen gerakan buruh dan gerakan lainnya, 4 konfederasi serikat buruh besar, dan 60 federasi serikat pekerja nasional dan Serikat Petani Indonesia menggelar perayaan May Day di Jakarta International Stadium atau Istora Senayan," lanjutnya.

Secara serempak perayaan Hari Buruh juga digelar di puluhan kota besar lainnya, antara lain di Bandung akan diikuti oleh 15.000 buruh di Depan Gedung Sate, kemudian menuju ke satu tempat yang direncanakan di salah satu stadion di kota Bandung.

Selain di Bandung, di Surabaya akan diikuti perayaan Hari Buruh oleh 30.000 buruh. Mereka akan melakukan aksi perayaan di depan kantor Gubernur Jawa Timur, sekaligus membuat panggung perayaan May Day di sekitar lokasi kantor Gubernur Jawa Timur.

Lihat juga video 'Presiden KSPI Bakal Gugat Permenaker 2/2022 ke PTUN':

[Gambas:Video 20detik]



Ada 11 tuntutan yang akan disuarakan dalam perayaan Hari Buruh 14 Mei. Apa saja? Baca halaman berikutnya