Kisah Christian Sugiono Bangun Kerajaan Bisnis dari Modal Cuci Piring

Aulia Damayanti - detikFinance
Selasa, 26 Apr 2022 09:23 WIB
Christian Sugiono saat berkunjung ke kantor detikcom.
Foto: Asep Syaifullah/detikHOT
Jakarta -

Christian Sugiono terkenal sebagai aktor di sejumlah film dan sinetron di Indonesia. Tapi ternyata nggak banyak yang tahu bahwa suami Titi Kamal ini lebih dulu menjalani profesi sebagai seorang pebisnis sejak muda.

Mendirikan perusahaan web design sejak di bangku kuliah, kini dia sudah memiliki banyak bisnis mulai dari di bidang informasi dan teknologi hingga properti. Dia juga menggarap bisnis kuliner dan kosmetik bersama Sang Istri. Tak kelewatan, Christian Sugiono juga menanam modal di sejumlah startup.

Sebelum akhirnya mencapai titik saat ini, Christian mengaku memulai bekerja bukan di dunia entertainment. Berawal dari uang saku saat kuliah yang habis sebelum waktunya, dia menjajal sejumlah pekerjaan untuk membiayai hidupnya di Jerman.

Pemeran Doni dalam film Jomblo ini mengaku pernah menjajal pekerjaan tukang cuci piring, pelayan, hingga sebagai seorang kasir di sebuah restoran di Jerman. Hal itu dilakoninya saat masih kuliah di Technology University of Hamburg, Jerman.

Semasa dia di Jerman, orang tuanya diketahui hanya memberikan uang pada beberapa bulan awal kuliah. Untuk itu, dia mencari pekerjaan serabutan demi biaya kos, makan, jalan-jalan, hingga ongkos pulang ke Indonesia.

"Habis pulang dari Indonesia, pulang ke Jerman, gue cuci piring lagi, nggak ada yang tahu," katanya dalam acara Ask d'Boss detikcom, Selasa (25/4/2022).

Pria kelahiran 25 Februari 1981 itu mengaku saat menjadi kasir di sebuah restoran digaji sebesar 6 euro per jam. Dalam sehari dia bekerja dalam 10 jam dan 5 hari seminggu.

"Sebulan gue bisa dapat sekitar 1.200 euro (Rp 18.600.000; kurs Rp 15.500), itu cukup untuk segala macam," ungkapnya.

Christian pun mengaku dirinya lebih sibuk bekerja dan mencari pengalaman di luar kampusnya. Hingga akhirnya kuliah tidak berjalan baik dan gagal lulus. Meski begitu, karena jurusan yang dia ambil adalah IT, dia tetap belajar dari komunitas dan otodidak.

"Pada tahun 2006 gua harus memutuskan bahwa kalau gue lanjutin di Jerman gue mungkin kuliah akan tambah 5 tahun lagi. Gue kerjaannya jalan-jalan mulu gue nonton konser gue bikin liputan. Karena gue kerja di media company dan lain sebagainya. Tapi kan kuliah gue ini jadi keteter," ungkapnya.

Selain bekerja, Christian juga mengatakan sudah membangun perusahaan kecil-kecilan sebuah perusahaan yang berfokus pada web design development. Bisnis itu dia buat bersama rekannya yang di Indonesia.

Kala itu dia merasa kemampuannya cukup untuk membangun bisnis dan menghasilkan uang. Makanya pada saat itu dia memutuskan untuk pulang ke Indonesia pada 2006 dan tidak melanjutkan kuliah kuliah.

"Tapi ketika gue pulang ke Indonesia mungkin ya gue bawain sertifikat, sarjana, ijazah. Mungkin gue nggak bawa ijazah, tapi gue bawa pengalaman, gue bawa skill, dan gue bawa perusahaan gue yang itu yang kecil-kecilan. Nah itulah jadi modal gue seterusnya di Indonesia melanjutkan kegiatan entrepreneur gue," ujarnya.

Beberapa tahun kemudian, Christian membentuk perusahaan media bernama malesbanget.com. Perusahaan itu merupakan pengembangan dari usaha pertama Christian yang hanya berfokus pada web web design development.

"Kemudian di tahun 2010 itu gue ubah gue ganti menjadi gue tambahin orang-orang kreatif, maka jadilah media online company, yaitu malesbanget.com. Awalnya seperti itu," ungkapnya.

Untuk saat ini, selain tetap menggarap sejumlah bisnis di bidang IT dan media, dia bersama istri juga ada beberapa bisnis yang digeluti. Bisnis-bisnis itu mulai dari bidang kuliner hingga kosmetik.

Christian Sugiono juga merambah bisnis properti. Pemain film Catatan Akhir Sekolah ini mengaku memiliki sejumlah villa di Bali yang disewakan.

(eds/eds)