Cara Cek Pajak Kendaraan Lewat SMS, Tanpa Ribet!

Ignacio Geordi Oswaldo - detikFinance
Selasa, 26 Apr 2022 13:11 WIB
ilustrasi Pajak Kendaraan Bermotor
ilustrasi Pajak Kendaraan Bermotor/Foto: Shutterstock
Jakarta -

Setiap tahun, pemilik kendaraan bermotor wajib membayarkan pajak tahunan. Nah, ada cara untuk mengecek pajak kendaraan bermotor dengan mudah dan cepat, yakni melalui SMS.

Dengan adanya cara cek pajak kendaraan lewat SMS tentu memudahkan masyarakat yang ingin membayar pajak kendaraan tahunan di Samsat. Sebab dengan mengetahui besaran tarif pajak yang harus dibayarkan, pemilik kendaraan bisa menyiapkan uang tunai sebelum berangkat ke Samsat.

Lantas bagaimana cara cek pajak kendaraan lewat SMS? Ternyata pemilik kendaraan cukup menekan *368# pada layar handphone maka informasi pajak dapat diakses.

Nah, setelah memasukkan nomor tersebut, akan muncul tulisan DITLANTAS POLRI dengan pilihan 1. Polda Metro Jaya, 2. Polda Sumut. Maka pilih nomor 1. Polda Metro Jaya.

Dari pilihan tersebut akan muncul empat pilihan pada layar, yakni 1.Info Ranmor, 2. Info Pajak Ranmor, 3. Pajak Reminder, 4. Info Simling, 5. Info Samling, dan 9. Back dan pengguna perlu memilih nomor 2.

Usai memilih, nantinya pengguna akan diminta untuk memasukkan nomor kendaraan tanpa perlu spasi. Tak lama, akan ada SMS masuk dari Polda Metro yang memberikan informasi.

Selain itu kamu juga dapat SMS 8893 dan tulis info spasi pajak spasi nopol.

Nah, itulah informasi seputar cara cek pajak kendaraan lewat SMS. Mudah kan detikers!

Lihat juga video 'Kendaraan Belum Bayar Pajak, Polisi Bisa Tilang Nggak?':

[Gambas:Video 20detik]



(fdl/fdl)