ADVERTISEMENT

Daftar Gaji di 3 BUMN 'Raksasa', Awas Ngiler

Ignacio Geordi Oswaldo - detikFinance
Selasa, 26 Apr 2022 13:49 WIB
Makna THR bagi Karyawan Bergaji UMK
Gaji Pegawai BUMN/Foto: detik
Jakarta -

Sekarang ini banyak pencari kerja yang tengah memburu perusahaan-perusahaan pelat merah. Berkat reputasinya yang dinilai baik dan besaran gaji BUMN yang ditawarkannya pun terbilang besar membuat banyak orang tergiur untuk bekerja di perusahaan milik negara ini.

Terlebih sekarang ini perusahaan-perusahaan pelat merah tersebut tengah membuka lowongan pekerjaan besar-besaran melalui Rekrutmen Bersama BUMN 2022. Adapun salah satu perusahaan BUMN yang ikut membuka lowongan adalah Telkom, Mandiri, dan Pertamina

Ketiga perusahaan BUMN terkemuka ini pun membuka banyak lowongan kerja untuk berbagai posisi pada program Rekrutmen Bersama BUMN 2022.

Di Telkom sendiri membuka sekitar 10 lowongan kerja. Mulai dari bidang digitalisasi, bisnis niaga, pengembangan usaha, bidang hukum, keuangan, hingga bidang personalia. Semua lowongan yang dibuka Telkom mensyaratkan pendidikan minimal S1/D4.

Sementara itu, di Bank Mandiri hanya membuka dua lowongan berupa banking staff dengan minimal riwayat pendidikan S1/D4.

Bank Mandiri juga membuka satu lowongan di anak usaha Mandiri Tunas Finance untuk staff pemasaran, dan satu lowongan lagi di Mandiri Taspen untuk posisi staff pemasaran. Kedua lowongan mensyaratkan pendidikan minimal S1/D4.

Pertamina cukup banyak membuka kesempatan berkarier di anak-anak usahanya. Ada sekitar belasan anak usaha yang membuka lowongan. Mulai dari Pertamina Kilang Internasional hingga Pertamina Hulu Energi.

Sebagai contoh saja, di Pertamina Kilang Internasional ada 9 lowongan yang dibuka. Mulai dari bagian engineering-maintenance, sistem manajemen dan keamanan, keuangan, hukum, logistik, hingga produksi. Lowongan dibuka untuk lulusan minimal D3 hingga S1/D4.

Lantas bila nanti berhasil lolos seleksi dan bekerja di perusahaan-perusahaan ini, kira-kira berapa sih besaran gaji BUMN yang dapat diterimanya?

Melansir dari CNBC Indonesia, berikut perkiraan besaran gaji BUMN dari sejumlah perusahaan:

1. Telkom

Mengutip dari beberapa situs pencari kerja dan gaji hingga periode 31 Agustus 2021 lalu, Telkom memberikan gaji untuk posisi product manager mencapai Rp 88 juta-Rp 94 juta per bulan. Sedangkan untuk strategic investment manager sebesar Rp 58 juta-Rp 62 juta per bulan.

Sedangkan untuk level senior manager gaji yang diberikan kisaran Rp 39 juta hingga 43 juta per bulan.

Untuk level staf, gaji per bulannya yang diterima sebesar Rp 8 juta. Sedangkan untuk karyawan baru dan masuk melalui jalur management trainee akan menerima gaji kisaran Rp 7 juta hingga Rp 8 juta.

2. Bank Mandiri

Karyawan Bank Mandiri dalam periode yang sama untuk level area branch manager menerima gaji sebesar Rp 68 juta-Rp 74 juta per bulan. Sedangkan untuk level manager akan menerima sebesar Rp 27 juta-Rp 30 juta per bulannya.

Untuk jabatan internal auditor akan menerima kisaran Rp 10 juta-Rp 11 juta per bulan, sedangkan untuk level staf digaji Rp 10 juta per bulannya.

Bagi karyawan baru dengan jalur management trainee (MT) atau officer development program (ODP) digaji Rp 6 juta per bulan.

Sedangkan posisi frontliner di bank ini diberi bayaran Rp 3 juta-Rp 4 juta per bulan. Sedangkan security sebesar Rp 3 juta per bulan.

3. Pertamina

Pertamina memiliki beragam posisi di dalamnya, mulai dari engineer hingga staf memiliki kisaran gaji yang berbeda.

Sebagai contoh untuk posisi site engineer digaji Rp 30 juta-Rp 33 juta sedangkan untuk level engineer saja bergaji Rp 19 juta-Rp 21 juta per bulan.

Untuk level analis per bulannya menerima Rp 10 juta-Rp 37 juta dan untuk IT specialist sebesar Rp 19 juta-Rp 21 juta.

Untuk posisi manager digaji Rp 15 juta-Rp 16 juta per bulan dan untuk posisi staf sebesar Rp 5 juta-Rp 6 juta.

Sementara itu, gaji petugas SPBU disebut berada pada kisaran Rp 1,9 juta sampai Rp 5,1 juta per bulan.

Itu tadi perkiraan gaji BUMN di 3 perusahaan pelat merah terkemuka yang ada di Indonesia. Bagi kamu yang ikut melamar kerja di tiga perusahaan ini, semoga berhasil ya!

Simak juga video 'Erick Thohir Ungkap Ada Mafia Bibit di Sektor Pertanian':

[Gambas:Video 20detik]



(fdl/fdl)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT